Portfolio bulan Nopember 2017

Akhirnya, tugas saya sebagai ketua panitia pemilihan kepengurusan di Komplek saya telah kelar, setelah hampir 1 bulan kerja keras, penuh kontroversi, manis, pahit dan silang pendapat (bentak-bentak meja), akhirnya mufakat tercapai dan pemilihan berjalan dengan lancar dan pengurus baru kini telah terpilih.

Tim Panitia “Power Rangers”???

Ini pengelamanan yang sangat berharga buat saya. Tadinya saya kira kerja bakti itu adalah hal yang baik (dan emang itu adalah hal yang baik), namun yang salah adalah jika kerjaan bakti/sosial itu terbentur dengan kepentingan personal, banyak hal yang harusnya benar/idealisme demi kebaikan, keadilan dan keterbukaan, bisa dipelintir menjadi sesuatu yang buruk dan penuh drama.

Berbagai serangan yang datang ke kami, mulai dari legetimasi terbentuknya kepanitiaan, cara bersosialisasi, syarat pemilihan, bahkan spanduk pengumuman pun menjadi hal-hal yang dipermasalahkan, sehingga sangat menguras waktu dan tenaga, dan menarik ulur kemajuan kami dalam penyelenggaraan acara pemilihan ini. Dan yang lebih sedih lagi, yang menjegal kami adalah segelintir tokoh-tokoh senior yang sudah dikenal lama oleh kami dan harusnya menjadi panutan dan pemberi semangat kepada kami kaum muda untuk berbakti.

Tim saya terdiri dari 5 anggota termasuk diri saya (tim ramping), dimana aneka suku, agama, profesi, latar belakang serta domilisi kependudukan dipertimbangkan namun yang menjadi identik adalah kami semua tergolong “kaum muda”, artinya belum tinggal di Komplek berpuluhan tahun dan/atau sebelumnya emang kurang aktif dalam kegiatan Komplek. Namun ini yang saya mencoba bangkitkan, supaya kedepan makin banyak warga yang peduli dengan lingkungannya dan mau bergotong-royong.

Terlepas dari semua drama dan konflik external yang timbul, butuh saya sampaikan apresiasi kepada tim saya, karena hingga detik terakhirpun kami ber 5 masih tetap solid dan aktif satu tujuan dan satu hati menuntaskan tugas kami.

Beberapa kali sempat berfikir, “napain juga ya kerja ginian, udalah korbanin waktu dan tenaga, konsentrasi untuk bisnis terganggu (not to mention saham hahaha…), waktu buat anak dan istri berkurang, mala ujung-ujungnya dimusuhin tetangga-tetangga? Apa gunanya kerja sosial?“.

Tapi sebaliknya justru itulah hal-hal yang tidak harus saya pikirkan, karena niatnya sosial, tentu ada pengorbanan baik waktu maupun materi, dan namanya sosial ya tidak bisa hitung-hitungan, dan juga tidak bisa menyenangkan semua orang, jangankan se Komplek, dalam rumah tangga kita sendiri saja sering terjadi silang pendapat. Jadi intinya kalau ingin bersosial, bersiaplah secara jiwa dan mental dan lakukanlah yang terbaik terlepas dari apa omongan segelinter orang, asal kita yakin dan kita tau yang kita lakukan itu adalah benar dan bermanfaat buat sesama.

Dan nyatanya, setelah pemilihan kelar, semua kembali normal, yang tadinya dalam pertemuan selalu tegang, kini saat berjumpa sudah bisa saling menyapa, berjabat tangan, dan bersenyum ramai-ramai.

Sorry ya, harus dengerin curhatan saya dulu sebelum masuk ke Monthly Report Nopember 2017.

Semoga sedikit tulisan saya diatas, bisa membangkitkan semangat anda untuk lebih peduli terhadap lingkungan dimana anda berdomisili. Toh, jika bukan kita yang peduli, siapa lagi? Yang senior dengan keterbatasan fisik mereka serta tidak peka terhadap teknologi akan sangat bisa memanfaatkan darah-darah baru yang bisa melengkapi kekurangan sisi mereka ini.

Cukup bangga sebetulnya dengan yang telah kami lakukan. Sebelum masa kami tidak pernah ada arsipan tentang panitia pelaksanaan pemilihan, kini Komplek kami telah memiliki arsipan yang jelas yang bisa diimplementasikan oleh penerus-penerus selanjutnya, bahkan lebih bangga lagi, format yang kami miliki kini diadopsi oleh Komplek-Komplek tetangga, mencontohin apa yang telah kami lakukan. Padahal kalau saya boleh jujur, karena tidak punya arsipan dari panitia sebelumnya, banyak format materi saya ambil dari Om GoogleΒ demi menghemat waktu πŸ™‚ Tuh mungkin bedanya para senior dengan kita-kita yang mengerti teknologi ya.

Ok, back to saham. Bulan ini ulasan saya hanya singkat saja, karena benar-benar zone-out dari saham beberapa bulan ini.

Di bulan Nopember, secara MoM Porto saya turun 1,22% sehingga secara YTD porto telah nyusut 17,62%. Dan akhirnya terjadi koreksi di IHSG setelah ralley 9 bulan, MoM turun 0,89% dan secara YTD masih up 12,37%.

Belum terjadi perubahan di list saham saya, masih itu itu saja, namun melihat WIKA yang turun begitu dalam, saya cukup tergoda untuk melakukan perpindahan saham untuk membeli dia. Mau saya kunjungi dulu LK 1 per 1 dari list saham saya, dan direview dan tentukan langkah selanjutnya.

Jadi untuk bulan Nopember pembahasan saya cukup sesingkat ini dulu, toh pasca selesainya pemilihan, saya mala berbaring di RS 3 hari kena virus demam haizzz! Namun kini dah sehat dan balik beraktifitas biasa di kantor lagi.

Sampai ketemu lagi di Akhir bulan nanti.

Salam longterm investment,

Alianto Chan

Tags

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

5 thoughts on “Portfolio bulan Nopember 2017”

  1. Wah, trnyt bener 2017 ini koreksi yg tidak kelihatan bagi kita yg value investor ya pak.. Di saat ihsg break new high porto kita merah merona

    1. Nasib yang sama ya pak, disitu kesabaran di uji pak. kadang bukan di masalah saham juga, tp lebih ke mental kita. ga jarang kita berkenan, bbrpa thn lalu sy sempat pegang shm xxxx, kini harganya uda jauh tinggi, sayang skrg ga ada di porto. karena ga ada jadi ga hirau dgn fluktuasinya, sehingga bgitu kebetulan liat lagi harganya, kaget uda naik tinggi. namun slalu kalo ada di porto, slalu kita pantau sehingga sedikit bergerak aj seolah2 harus langsung kita ambil keputusan tambah/jual hehhe….

      Stay sabar pak, whatever happens, happens!

  2. Kepada Pak Ali Yth :

    Saya salut dengan mental anda ketika performa porto jauh dibawah IHSG anda tampak terlihat tenang. Disamping itu saya juga salut dengan begitu terbukanya anda menampilan isi porto. Saya tidak mengenal anda secara langsung, tapi terlihat anda orang baik.

    Saya berinvestasi di pasar modal sejak tahun 2004, sudah cukup banyak gejolak pasar modal yang saya lihat, sudah cukup banyak pula teman – teman saya yang ” keluar ” dari pasar modal dengan kesedihan. Untungnya sampai sekarang sampai sekarang saya masih bertahan. Salah satu alasan kenapa saya bertahan dalam pasar modal adalah karena saya mempelajari fundamental analisis. Sehingga saya tidak terperangkap oleh saham berfundamental buruk tapi harganya berfluktuasi, sehingga menggoda untuk dibeli.

    Tapi, saya pikir itu hanyalah salah satu syarat. Karena adagium dalam investasi adalah ” Yang Pasti adalah Ketidak pastian “. Laporan keuangan suatu perusahaan tidak dapat diprediksi untuk jangka panjang. Seperti kata John Maynard Keynes ” In The Long Run We are all dead “.

    Karena hal itu, ketika kita berinvestasi di pasar modal jangalah bersikap kaku. Tentunya, pak Ali tidak perlu menjadi day trader atau swing trader bila memang itu bukan type pak Ali ( saya tidak bermaksud mengatakan bahwa day trader atau swing trader tidak baik ). Tapi, cobalah pak Ali lebih fleksibel dalam berinvestasi.

    Menurut saya tidak ada salahnya bila Pak ALi membaca buku – buku para trader profesional seperti bukunya George Soros atau William O’neil. Karena menjadi mengerti fundametal saham bukan berarti kita menjadi ” Fundametalis ” ( baca kaku ). Kerena dalam berinvestasi kita juga harus lugas.

    Salam.

    Maaf bila masukan saya tidak berkenan, saya hanya tidak ingin orang baik seperti anda gagal dalam pasar modal.

    1. Terima kasih pak daniel atas comolements serta nasehat anda. Saya menangkap maksud anda, dan sy walaupun tdk pernah membaca style 2 org yg anda sebut, tp sy sblmnya emang sudah mau masuk ke buku oneil krna emang ada saran dr tmn baik, dan sedikit sudah melihat kmn oneil berfokus, dgn strategi CANSLIMnya yg sangat terkenal. Dan dr situ sy rasa, sy sudah memahami nasehat anda, dan dlm bisnis juga sepertinya tdk beda. Jgnka. Melihat 5 thn kedepan, thn bsok aj kadang kita susah memprediksi.

      Jadi, sy senang dan berterima kasih atas saran dan nasehat anda pak, tq sudah ingin berbagi pengalaman dan membantu tmn yg lg susah πŸ™‚ much appreciate ur kindness n honesty.

Leave a Reply

Your email address will not be published.