Portfolio bulan Desember 2016


DESEMBER, bulan yang sangat penting buat kita semua. Bukan karena bulan ini banyak terjadi peristiwa spesial, namun kita sering berpedoman pada bulan Desember sebagai tolak ukur atas keberhasilan kita dalam pencapaian tujuan dan impian yang sudah di pasang sepanjang tahun berjalan.

Sebagian kita akan menutup tahun 2016 ini dengan puas dan bahagia karena target-target yang diinginkan sudah tercapai, maka pantas bersyukurlah atas kemajuan kita. Tetaplah berjuang demi mencapai kemajuan dan kesuksesan yang lebih tinggi lagi di tahun tahun mendatang.

Namun bagi sebagian kita yang lain mungkin tahun 2016 belum menjadi tahun yang terlalu beruntung dimana masih banyak yang harus diperbaiki dan diperjuangkan demi mencapai target dan impian yang telah di pasang. Jangan patah semangat! Tetaplah berjuang, sabar dan berusaha semakin keraslah demi mencapai tujuan dan impian kita. Jangan lupa pula untuk mengevaluasi kembali diri sehingga bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan kita di tahun esok nanti.

Seperti yang saya sebut diatas, bulan ini akan menjadi barometer kita untuk mengukur keberhasilan kita dalam investasi saham di tahun 2016.

Tidak terkecuali saya, hal yang sama juga saya lakukan.

Gambar dibawah ini adalah komposisi bobot PENANAMAN MODAL Porto saya saat ini per tanggal 31 Desember 2016!

JSMR masih menempati porsi modal terbesar di porto saya dengan bobot 19,5% lalu di ikuti oleh LPCK 12%, AISA 11,2%, SCMA 9,8% dan ROTI 9,7%.

Sedangkan gambar dibawah ini menunjukan komposisi bobot NILAI TERKINI porto saya saat ini per tanggal 31 Desember 2016.

Secara nilai, terjadi sedikit pergeseran di posisi TOP 5. JSMR masih menempati posisi pertama dengan nilai 16,9% saja, nomor 2 diganti oleh AISA dengan nilai 14,6% lalu diikuti oleh ROTI 11,2%, SCMA 10,7% dan LPCK tergeser ke posisi 5 dengan nilai bobot 9,5%.

Sepanjang tahun 2016 porto saya tumbuh sebesar 9,3% vs performa IHSG yang tumbuh 15,3%. Cukup jauh dari performa index sebetulnya. JSMR dan LPCK yang memiliki bobot modal terbesar menjadi pemberat performa porto di tahun 2016.

Namun penyusutan di performa juga di pengaruhi oleh penambahan modal +/- 45℅ sepanjang tahun 2016. Jika tidak dihitung penambahan modal, porto saya di 2016 tumbuh sebesar 24,8℅ dengan pertumbuhan tertinggi di bulan Juli sebesar 54℅.

Dari evaluasi ini, saya pun harus mengkaji kembali beberapa hal yang perlu saya perbaiki dalam pengelolaan porto di tahun 2017 nanti, supaya penambahan modal selanjutnya bisa lebih maksimal, mengingat presentasi dari pak Rudiyanto di gathering SI sebelumnya.

Namun dengan sangat optimis, saya yakin lagging di performa 2016 hanyalah untuk sementara waktu saja karena apa yang sudah saya beli sudah melewati kajian fundamental yang dalam yang saya lakukan dan belum terdapat hal-hal yang layak merubah pandangan saya. Jadi, lets hope 2017 akan menjadi tahun yang lebih baik lagi.

Lewat kesempatan ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada grup SI yang telah banyak membantu saya baik itu dalam prinsip investing maupun prinsip kehidupan sehari-hari, terutama sepasang admin yang tanpa bosan dan lelah selalu membimbing kami semua. Selain itu, tentunya saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman sosmed baik yang dari stockbit, facebook serta pengunjung setia blog ini yang juga banyak memberi input dan sharing pandangan dalam investing, thank you all! I wouldn’t be who I’m without you all, thank you so much!

Jika tahun 2016 anda belum seberuntung (maka senasib dengan saya), DON’T GIVE UP, KEEP FOCUSING, KEEP WORKING HARD, WE’LL GET THERE ONE DAY!!!

Sekian tulisan saya untuk penutupan tahun 2016, selamat datang tahun 2017, SUKSES BAGI KITA SEMUA!

SALAM LONGTERM INVESTMENT!

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

3 thoughts on “Portfolio bulan Desember 2016”

    1. Saya juga Belum masuk pak, dulu pingin masuk di kkgi tapi nggk jadi malah nyungsep di properti. Tapi ada juga yang udah naik lebih dari 100%. Mungkin Rejeki mahasiswa tingkat akhir Hihihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.