Another journey starts today!

Logo Money and PassionBanyak teman investor di kalangan medsos sering mencurigai satu hal: orang yg berbaik hati membagikan analisa dan pengetahuan saham secara gratis PASTI ada udang di balik batu. Tidak akan ada orang yg rela ingin cape-cape memberikan analisa dan edukasi saham secara gratis kepada orang lain tanpa mengharapkan sesuatu kembali, kalau bukan jual-jualan membership maka pasti berjualan materi analisa dan seminar.

Maka saya ingin menyampaikan kepada anda yg follow blog saya bahwa pernyataan tersebut cukup benar. Paling tidak saya adalah salah satu ekor udang yg umpet di balik batu tersebut. Hehe!

Setelah 3+ tahun saya berjuang di dunia saham, akhirnya sesuatu amazing happens.

Saya berhasil meyakinkan beberapa investor untuk berinvestasi di diri saya dalam bentuk equity fund yg akan saya susun dan olah sebagaimana saya mengolah porto saya yg bisa anda lihat di blog ini.

Bagaimana saya melakukan lamaran utk mendapatkan suntikan dana dari investor? Ya, saya suruh mereka baca blog ini.

Bagaimana perjanjian saya sama mereka? Ya, saya suruh mereka baca blog ini.

Apa resiko mereka? Ya, saya suruh mereka baca blog ini lagi. (Ini sebetulnya tidak mereka tanya, namun saya sampaikan karena seperti biasa, orang hanya ingin tau cuan, bukan loss, namun penting saya jelasin supaya “tidak ada dusta diantara kita”).

Berapa keuntugan yg akan diterima dan berapa lama? Ya, lagi lagi saya suruh baca blog ini. (Ini sebetulnya no.1 yg di tanya, namun saya susun ulang, biar berkesan lebih bijak, sorry para investor, semoga anda tidak membaca komentar ini haha).

Tadinya saya menulis blog ini hanya untuk kepentingan pribadi, dan di waktu yg sama berbagi pengalaman dan ilmu yg sudah saya pelajari, namun ternyata blog ini tidak hanya melakukan itu tapi jauh lebih.

Satu hal logika yg menjadi “marketing strategi” saya, saya pelajarinya dari admin grup Saham Indonesia. JANGAN SALAH PIKIR dulu, tidak, admin kami tidak mengajarkan cara menjual, namun idenya saya petik dari sana.

Ceritanya begini. Admin grup pernah cerita, ada teman yg ingin memulai belajar berinvestasi, namun setelah dia diterangkan bahwa porto admin saat itu tidak elok di pandang bertepatan pada saat IHSG turun gila-gilaan, maka dia pun ciut dan bilang ga jadi ah nanti saja. Hanya kemudian IHSG naik tinggi dan porto admin pun ciamikkk, dia kembali minta utk diajarkan cara berinvestasi saham. Inilah kesalahan terbesar investor newbie, optimis dan pesimis di PERSIS waktu yang SALAH.

Pada umumnya saat anda ingin meyakinkan orang lain bahwa anda layak dihargai dalam dunia investasi, anda harus terlebih dahulu menunjukan hasil investasi anda kepada mereka. Mereka akan mulai bertanya tentang kemampuan, resiko dan hasil yg anda peroleh sebelumnya supaya menjadi pertimbangan mereka atas kelayakan berinvestasi. Dalam pengalaman saya pribadi, saya menyuruh mereka yg ingin berinvestasi di diri saya utk spend sedikit waktu utk membaca blog ini, utk mengetahui apa yg sudah saya lakukan dalam investasi selama hampir 1 tahun terakhir, di situ juga saya ceritakan bagaimana saya RUGI BESAR dan bahayanya memiliki ekspektasi jangka pendek.

Namun yg paling logika (well ga selalu logika bagi yg tidak logika sebetulnya) saya menjelaskan: saya sudah tekunin cara investasi saham sebagaimana saya yakin adalah cara yg benar, saham yg saya pilih selalu berpedoman pada FUNDAMENTAL, dan tidak lupa hanya membeli di bawah harga wajar. Namu saat ini porto saya lebih kurang 50℅ merah.

Nah! Jika dengan cara ini saja saya masih mengalami kerugian di beberapa saham, bukankah harga saham-saham tersebut sudah super murah? Karena secara logika (logika yg sungguh-sungguh) adalah buy low sell high. Namun kadang orang terlalu fokus pada sisi godaan, melihat hasil berpuluh-puluh hingga ratusan ℅ cuan, maka mereka langsung tergoda utk beli, hasilnya? Buy di peak sell di bottom. Hehe

Tapi jujur saya sendiri pun bingung, strategi marketing apalah ini, bukannya menggoda orang utk berinvestasi dengan porto yg super cantik yg bisa saya persembahkan, namun porto yg berwarna selang seling yg tidak menentu menyarankan mereka untuk menjauhi saya. Namun saya bersyukur, mereka bisa sevisi dengan pemahaman dan pikiran saya, sehingga kini saya pun diberi kesempatan dan full control utk berinvestasi sesuai style saya tanpa intervensi. Tapi tentunya, saya juga harus bisa menunjukan hasil kepada mereka secara jangka panjang supaya tidak mengsia-siakan kepercayaan mereka.

Jadi lewat kesempatan ini saya ingin bermohon kepada para pembaca setia utk berdoa utk diri anda sekaligus sisipin doa buat diri saya juga, semoga investasi saya bisa berjalan sesuai keinginan dan memberi hasil yg memuaskan.

Terima kasih kawan-kawan. Ayo, berinvestasi dengan sabar dan bijak.

Sekian utk article kali ini.

Selamat berinvestasi!

nb: mohon bisa berikan saran nama equity fund yg cocok buat yg pertama ini? Semua input dan saran dari anda akan saya berikan sebuah hadiah yg tidak bisa anda beli dengan uang? Yaitu ucapanTERIMA KASIH yg tulus dari saya! Hahaha!

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

13 thoughts on “Another journey starts today!”

  1. Selamat dan Terima kasih Pak Alianto. Mau curhat sedikit tentang Pak Alianto, beliau adalah salah satu guru saya atau tepatnya guru kami di group saham Indonesia. Ilmu mengenai cara memilih saham berdasarkan fundamental perusahaan dan valuasi saham beliau share secara gratis… Jarang banget yg mau dan bersedia melakukan hal spt ini apa lagi dilakukan secara gratis 🙂 boleh dibilang perubahan jalur saya dari seorang trader menjadi inveator karena beliau. Sekali lagi thanks Pak Alianto 🙂 mengenai hasil dari ilmu yg saya dapat dari beliau. Jujur porto masih ada yg merah tapi yg hijau/biru juga banyak. Seperti yg sudah di sampaikan oleh Pak Alianto di atas kalau ilmu sudah dimiliki tinggal memilih waktu yg tepat untuk masuk dan keluar. Kesabaran dan latihan lah kuncinya.

  2. Wow, terima kasih pak Tony atas kata-kata semangatnya.

    Sesungguhnya kita itu saling berbagi dan seperti admin slalu blng, bertepuk tangan itu butuh kanan dan kiri. karena ada yg bersedia membagi dan ada juga yg bersedia menerima, sehingga terciptalah suatu partnership yg baik.

    Dan sudah beberapa kali saya blng di grup bahwa anda adalah salah 1 yg menunjukan keseriusan dalam perubahan dan sy yakin sekali org yg serius dan benar-benar ingin sukses lewat learning dan expanding knowledge eventually akan submerge sebagai pemenang.

    Kesabaran memang harga yg amet mahal, namun together we can. Keep learning dan sharing pak, saya yakin cerita anda nanti pst menjadi inspirasi buat banyak investor.

    Once again, terima kasih pak Tony sudah mampir dan berkomentar 🙂

  3. Selamat sore pak alianto, jika ada waktu kosong boleh nih saya belajar dari pak al hehe

    Tetap semangat untuk terus berkarya lewat web ini, karena setiap tulisan dari pak al selalu saya nantikan 🙂

    1. Hahaha… merendah kamu bim. Lihat saja 2 article yg sudah anda sumbang di blog ini JSMR dan GGRM. Super bagus dan komplit. Jika ada kesempatan lagi, monggo donasi articlenya lagi ya bim. thank you kwn!

  4. Selamat malam pak Alianto. Congrats atas hadirnya website longterm-investment ini. Kami berterima kasih atas kesediaan pak Al berbagi di group SI dan tentunya di web ini. Kami bersyukur atas saran pak Al tentang kesabaran dalam berinvestasi, sabar dalam hal membeli dengan diskon yang lumayan dari harga wajar. Terima kasih atas semua kesediaan pak Al berbagi tentang harga wajar suatu emiten yang kami tanyakan via whatsapp. Salam sukses investasi longterm.

    1. Sama sama pak WJ. Toh itu lah fungsi komunitas bukan? Saling berbagi saling berterima. Seperti admin slalu mengingatkan kita, burung sejenis terbang bersama. Krna kita sdh punya visi n misi yg sama, maka kita juga bs saling membahu maju bersama.

      Trmksh pak, sudah mau slalu bersharing dgn saya.

  5. Selamat pak al, semoga ini ke depan nya akan menjadi salah satu referensi buat newbie2 yang ingin belajar tentang value investing lebih lanjut dan yang mencari equity fund yang dapat mereka percaya.

    Terima kasih juga buat sharing nya selama ini di grup.Ketika kita membagikan sesuatu, sebenarnya kita tidak pernah kehilangan, tetapi malah mendapatkan lebih banyak

    1. Thank you pak Tok. Pasti! Saya akan terus menulis sesuai apa yang saya jalankan dan bisa bagikan di blog ini. Smoga akan bermanfaat bagi sebagian investor yang memiliki sevisi dan misi.

      Dan setuju, membagi itu Indah pak, apalagi mengetahui apa yang kita bagikan bermanfaat buat orang lain, ada kepuasan tersendiri.

      Smoga saya juga akan melihat blog-blog baru berluncuran di masa depan termasuk punya bpk ya.

      Keep sharing pak, terima kasih sudah selalu membagi di grup 🙂

  6. congrats pak Ali atas terbentuknya fund ini. mudah2an jangan kaget2 klo ada pressure dari client ya n sukses selalu

    -Moninoke-

Leave a Reply

Your email address will not be published.