Perusahaan kebanggaan Indonesia: PT. Selamat Sempurna Tbk. (SMSM)

Logo SMSMDulu saat saya baru terjun ke dunia saham, saya hanya melihat perusahaan tbk yg listed di BEI itu sebagai barang dagangan yg jika dilakukan dgn timing yg tepat dgn kemampuan membaca pola pergerakan harga saham yg tepat, akan menuaikan hasil yg menjanjikan. Namun, setelah gagal memprediksi pergerakan harga saham, kini saya sudah ketemu kenyamanan diri dalam investasi jangka panjang yg merujuk kepada ajaran fundamental.

Strategi baru ini membuat saya menjadi optimis dan bangga karena mulai menyadari bahwa Indonesia bukanlah negara yg sering kita persepsikan sebagai negara konsumptif, kalah saing, tidak efisien dan persepsi-persepsi buruk lainnya semata, tapi Indonesia memiliki orang-orang hebat yg mampu menjalani usaha mereka dengan hebat dan sanggup menjejaki dan berkompetisi di pasar Internasional dan diakui standar produknya oleh dunia luar.

Jika anda masih memiliki persepsi seperti saya dulu, maka anda mungkin harus mulai membuka wawasan pengetahuan anda tentang perusahaan-perusahaan hebat yg kita miliki! YES, kita! Bukan karena kedudukan domisili mereka di Indonesia saja, tapi karena mereka adalah perusahaan-perusahaan Tbk. dimana sahamnya tercatat di bursa efek sehingga kita bisa memilih utk menjadi bagian dari mereka dengan membeli sahamnya di open-market.

Jika anda ingin berhasil dalam investasi jangka panjang, anda harus merubah pola pikir lama dan melihat investasi saham itu sebagai sebuah bisnis yg menjadi bagian anda. Lewat cara ini, baru anda akan mulai mengapresiasi atas kualitas perusahaan yg anda invest, bukan lagi hanya semata-mata barang dagangan dimana pola tertentu akan menentukan entry/exit point saham tersebut.

Jadi, dalam article ini saya ingin membahas sebuah perusahaan yg mungkin tidak banyak yg di dengar atau di ketahui umum, namun memiliki kualitas management dan produk level Internasional. Perusahaan ini sesuai judul article adalah PT. Selamat Sempurna Tbk. (Perseroan) dengan kode saham SMSM.

Perkenalan Perseroan:

Perseroan adalah anak usaha pertama yg di dirikan oleh ADR Group (PT. ADRINDO Intiperkasa) pada tahun 1976 oleh Bpk. Eddy Hartono (Founder dari ADR Group) dimana hingga kini beliau pun masih menjabat sebagai direktur utama di Perseroan. Berkantor pusat di Pluit, Jakarta Utara dan pabrik di Jakarta dan Tangerang. Perseoran kemudian di tahun 1996 melakukan penawaran umum perdana di bursa efek dgn kode saham SMSM. Hingga akhir tahun 2015, komposisi kepemilikan saham SMSM adalah: 58,13% oleh ADR Group dan 41,87% oleh publik.

Bisnis utama Perseroan adalah memproduksi radiator, dengan merek dagang ADR dan filter dengan merek dagang SAKURA. Selain produk-produk utama tersebut, Perseroan juga memproduksi produk berkualitas lainnya seperti pipa rem dan pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot untuk kendaraan. Saat ini, Perseroan dan Entitas Anaknya telah tumbuh sebagai produsen komponen otomotif yang terkemuka di Indonesia dengan keanekaragaman produknya yang berkualitas, terutama filter dan radiator, dengan pasar internasional yang meliputi lebih dari 115 negara tujuan ekspor dan 5 benua.

Kinerja Perseroan (Overview):

Laporan Keuangan SMSM 10 Tahun - Overall

Seperti biasa, kita akan melihatnya secara umum dulu, baik dari pendapatan maupun operating income hingga net income, semua bertumbuh positif dari tahun ke tahun tanpa gagal. Dengan pandangan pertama saja kita juga sudah bisa simpulkan sekilas kalau ini adalah perusahaan yg kinclong dan bertanggung jawab terhadap investornya dgn performa kinerja yg solid. Ayo, kita lakukan pemecahan 5 komponen dalam analisa kita utk mengetahui seberapa bagus sebetulnya SMSM ini.

#1. PROFITABILITAS

Laporan Keuangan SMSM 10 Tahun - Profitability

Perseroan memiliki MOAT (business competitive advantage) yg kuat walaupun kita belum bisa tau dari data ini MOATnya apa, ini bisa kita tau karena Gross Margin terus tumbuh dari 22% di 2006 hingga mencapai 31% di 2015. Jika Perseroan tidak memiliki MOAT, dia tidak akan bisa menjual lebih mahal atau produksi lebih murah sehingga Gross margin dari tahun ke tahun terus bertumbuh.

Secara biaya operasional, cukup konsisten, terjaga di kisaran 9%-10% setiap tahunnya, sehingga operating margin bisa meningkat dari awalnya 10%-11% menjadi > 20% di tahun 2015. Net margin juga sangat fantastis, meningkat dari single digit di 7% menjadi 15% di 2015. Secara ROA dan ROE pun memiliki hasil yg sama, sangat fantastis dan mengikuti trend Net margin.

#2: PERTUMBUHAN

Laporan Keuangan SMSM 10 Tahun - Growth

Secara pertumbuhan overall, Perseroan masih memiliki ruang gerak utk efisiensi, terlihat dari pertumbuhan Revenue (pendapatan) yg lebih kecil selama waktu 3, 5 dan 10 tahun, dibandingkan dgn pertumbuhan Operating Income (Laba operasi) dan Net Income (Laba bersih). Namun di tahun 2015 sedikit melambat, jika kita amati pertumbuhan Laba hanya 1,71% dibanding pertumbuhan Pendapatan yg tumbuh 6,46%. Ini hal yg butuh kita pantau utk tahun 2016, utk memastikan trend ini tidak berlanjut lama, dan perusahaan masih bisa mengandalkan penjualanan utk menopang pertumbuhan laba yg lebih besar, bukan dari efisiensi. Ini penting karena, hal ini akan memberikan kita gambaran di stage mana life cycle Perseroan saat ini, masa tumbuh atau sudah matang.

Sebuah perusahaan yg masih ekspansif pola pertumbuhan: % Pendapatan < % Laba, sedangkan sebuah perusahaan yg sudah capai usia matang, pola pertumbuhan: % Pendapatan > % Laba

#ARUS KAS

Laporan Keuangan SMSM 10 Tahun - Cashflow

Arus kas operasi yg sangat rapi, selalu sama atau lebih besar dari Laba bersih yg di cetak setiap tahunnya. Ini memastikan kepada kita bahwa, laba yg di raih oleh Perseroan adalah benar sesuai kinerja dan ada uangnya.

Free cashflow Perseroan juga mulai menumpuk, ini bagus dalam segi fundamental, namun sedikit membimbangkan dari segi ekspansi masa depan. Cap. Spending (Capex) Perseoran juga tidak banyak berubah hanya lebih kurang 100M per tahun, ini bisa jadi, adalah titik awal dari perpindahan stage life cycle Perseroan dari yg tadinya ekspansif menjadi kini yg mulai memasuki usia matang, seperti yg terlihat juga di pertumbuhan Pendapatan vs Laba di tahun 2015 atas. Jadi utk tahun 2016 butuh kita pantau apakah pola ini akan terus berlanjut sedemikian atau Perseroan memiliki strategi utk kembali berekspansi dengan capex yg lebih besar.

Tapi dari sisi lain, memiliki free cashflow yg besar adalah hal yg sangat positif. Selain bisa dipakai utk melunasi utang Perseorang (jika ada) juga bisa dibagikan sebagai dividen dalam jumlah nominal yg lebih besar kepada pemegang saham, atau bisa di alokasikan utk kemudian hari utk keperluan ekspansi saat peluang datang.

#4: KESEHATAN KEUANGAN

Laporan Keuangan SMSM 10 Tahun - Health

Secara jangka pendek, baik current ratio maupun quick ratio sangat bagus, tidak ada masalah dgn liquiditas jangka pendek (masa 1 tahun), Aset Perseroan akan bisa menutupi Utang Perseroan.

Secara jangka panjang, Perseroan hampir selalu tidak memiliki utang berbunga, sehingga bisa di bilang sangat sehat.

#5: PERPUTARAN ARUS KAS

Laporan Keuangan SMSM 10 Tahun - Efficiency

Jika dilihat dari perputaran uang Perseroan, sebetulnya sedikit lambat yaitu antara 130 hari hingga 140 hari. Namun jika balik kita mengamati cashflow di bagian komponen ke 3 analisa kita, hal tersebut belum menjadi masalah buat Perseroan, cashflow operasi masih bisa tumbuh secara konsisten dengan baik. Cash conversion cycle yg agak lama ini berhubungan dengan upaya Perseroan dalam menjamin kebutuhan bahan baku bisa terpenuhi selama minimal 3 bulan sesuai yg sudah di jelaskan oleh management dalam annual report. Karena 60℅ komponen bahan baku masih impor, jadi Perseroan harus senantiasa mengawasi stock bahan baku menghindar resiko terhambatnya produksi.

Prospek usaha kedepan
Merujuk pada data annual report, Perseroan tidak memaparkan strategi khusus utk tahun 2016. Namun diketahui potensi pasar ekspor masih sangat besar. Penjualan produk filter di pasar global saat ini mencapai AS$ 50 milyar per tahun (hampir Rp500T) dan penjualan produk radiator di 1,650,000 unit per tahun, jika dibandingkan dengan penjualan produk Perseroan, filter dan radiator yang nilainya sangat kecil tidak sampai 1℅. Perseroan juga memasang target hingga 2019 dgn penjualan sebesar 5T (pertumbuhan 15℅ per tahun). Utk mencapai target tersebut, maka Perseroan akan menyasar pasar lokal dan internasional yg lebih luas. Target market Perseroan adalah di pemakaian sekunder (replacement market). Utk pasar expor, Perseroan melihat potensi di benua Amerika terutama bagian selatan, seperti: Brazil dan Mexico dan akan masuk kesana lewat distributor setempat. Sedangkan utk pasar domestic, Perseroan giat membuka cabang di wilayah-wilayah penting supaya lebih dekat dgn para konsumen. Saat ini perbandingan porsi pendapatan Perseroan utk expor dan domestic adalah lebih kurang 70℅ vs 30℅.

Valuasi SMSM by StockbitVALUASI
Secara MEAN PER 3 tahun, saat ini SMSM memberi diskon ke harga wajar sebesar 14℅. Agak kecil buat posisi entry. Namun saya pribadi sudah beli di harga average 4206. Terlepas dari lifespan Perseroan berada di tahap mana, Perseroan terkesan sangat berpihak kepada para investor. Dividen yg sangat besar dan GCG yg sangat baik, bisa dilihat dari annual report yg begitu rapi dan transparan. Jadi saham ini sangat layak utk di amati bagi para investor jangka panjang.

Sesungguhnya Selamat Sempurna hanyalah satu dari sekian banyak perusahaan lokal yg berhasil menjual produknya ke pasar expor dgn kepastian muta produk yg tinggi. Selain itu juga ada: Indofood, Mayora, Gajah tunggal, Sritex dan banyak lagi.

Jika asing saja bisa mengapresiasi produk buatan lokal, maka kita sebagai warga negara Indonesia harusnya jauh lebih bangga mengkonsumpsi dan menggunakan produk lokal! Maka, Cintailah produk-produk, INDONESIA!!!

Sekian ukasan utk kali ini, semoga bermanfaat.

Selamat berinvestasi!

nb: utk membaca komunikasi saya dgn Corsec SMSM bisa baca di sini

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

10 thoughts on “Perusahaan kebanggaan Indonesia: PT. Selamat Sempurna Tbk. (SMSM)”

  1. Artikel yang bagus. Saya pegang SMSM dari tahun lalu rata2 4500.. Beberapa waktu lalu entah kenapa harganya turun terus, sya beli lagi skrg avg di 4300 an. Sepertinya sudah rebound, sayang belinya kurang banyak. Dividen lumayan 3x setaun.

    Saya lihat bapak ada porto baru di LINK.. Sepertinya menarik juga ya industri terkait telekomunikasi, tetap tumbuh dan tahan banting tahun lalu seperti tele, tbig, tlkm. Semua butuh telekomunikasi dan internet meski krisis. LINK sudah bagi dividen jg taun ini. Sayang baru liat LINK sekarang, harganya sudah tidak murah lagi. Saya coba cicil sambil tuker dengan porto yang lain.
    Btw, porto bapak sudah lebih dari 12, apakah akan jual 1 saham?

    Trims.
    Chandra.

  2. Iya pak chandra SMSM salah 1 saham yg sangat menarik menurut sy. Jika ini saham bs tumbuh seperti yg perusahaan rencanakan, maka upside kinerja ms sangat menarik, namun klo perusahaan sdh matang, maka dividennya jg sangat menarik, so either way, bgs menurut sy. Cocok buat hold jangka panjang. Btw, oct nnti SMSM juga mau split, rupslb di kantor pusat ADR. Ini lah tipe2 perusahaan yg tdk boros, mirip2 dgn ACES.

    Iya pak sy br beli LINK, sblmnya sudah lama incar, namun keburu uda naik ke 5000, namun kini uda kembali lbh murah.

    Sektor media emang slalu menarik perhatian, krna profit margin yg besar dan pertumbuhan yg cenderung fantastis. Umumnya media di bagi 2 dlm segi pendapatan.

    1. Advertising based, ini seperti MARI, SCMA. kelemahan iklan adalah saat ekonomi melambat, hal pertama yg byk perusahaan cut adalah biaya iklan. Namun saat ekonomi lg bgs, kinerja mrk akan super.

    2. Subscription based. Seperti LINK. ini akan lbh stabil dlm pendapatan, dan cenderung terus meningkat secara bertahap dan recurring seiring bertambahnya pelanggan. Namun perusahaan seperti link akan mahal di system upgrade, krna teknologi yg bgitu cepat berkembang, bkn dr segi biaya saja, tp repotnya. Terlepas dr itu, LINK sangat menarik dan cashflow yg sangat kuat.

    Bln kmrn sy dah mulai terkendala mengreview semua saham sy, namun susah utk tdk beli saham bgs di harga murah. Ini jd PR sy berikut. Sepertinya lbh ideal klo bs rem di antara 8-10 saham saja, akan lbh enak. 12-13 sepertinya sedikit kebanyakan, namun blm punya ide mau buang yg mana semua saya suka.

    1. Apakah bisa dibantu saham2 apa saja yg layak utk di invest? Saya masih sangat baru di dunia saham. Mohon petunjuknya. Terima kasih.

      Salam.
      Oliver

    2. Hi pak oliver, hm…. coba cek lagi porto sy terakhir sy update di des 2017 pak, apakah anda yakin minta opini sy? seperti tmn sy ledekin, pilih buta aj nasihnya masih bisa 50-50, sy mala 7 merah 1 hijau (bahkan klo semua posisi porto utuh, maka saat ini hrsnya 8 merah dari 8 saham).

      Jgn tanya saham apa yang layak pak, orang lain boleh kasih opini dan analisa atas saham apa yg menurut mrk layak, namun ujung-ujungnya itu keputusan kita, dan kita hrs melakukan analisa sendiri untuk mengetahui apa yang menurut kita adalah saham bagus.

      Karena anda baru mulai, saya sarankan anda utk baca buku2 dulu seperti tulisan lokal bpk desmond wira “Jurus cuan investasi saham” dan move on ke buku international seperti One up on wallstreest karya Peter Lynch dan 5 rules for successful stocks investing karya Pat Dorsey lalu coba liat cara analisa saya (jika masih berkenan stlh liat porto saya) dan bbrpa referensi blog teman yang ada di blog ini!

      Good luck pak Oliver!

  3. mantap pak SMSm memang saham super growth,boleh tahu dengan konsep investing dan diversifikasi ytd tahun ini potofolio bapak alianto sudah mengalamai kenaikan total berspa persen kalod ari awal tahun?soalnya saya juga mau belajar investing sekarang pak,thx

  4. Iya SMSM salah 1 yg sangat menarik buat lengkapi porto Pak.

    Thn ini lbh beruntung pak krna market up, jd jika dr modal awal tanpa hitung tambahan modal ytd porto +42℅ hingga penutupan hr ini. Namun klo di hitung penambahan modal porto overall, cuan +29℅ hingga penutupan hr ini. Sepanjang thn ini sy ada penambahan modal +/- 40℅ dr modal awal thn.

    Sebetulnya pak, cuan brpa tdk bs di jadikan patokan utk setiap org. Modal yg sama dan metode yg sama bs saja hasilnya beda. Jika anda ingin tekunin suatu metode anda hrs mulai dr niat, cuan org lain bkn patokan. 30-40℅ mau blng bsr ya mungkin sebagian yg ms loss akan blng besar. Namun bagi yg thn ini dah cuan 100-400℅, 40℅ adalah sangat jauh dr ideal.

    Swmua kembali ke kita, kenyamanan kita. Coba temukan strategi yg anda bisa pegang utuh dan tdk ingin berubah, itu akan memberi anda hasil yg memuaskan dlm jangka panjang, sy jamin. namun anda hrs sabar dan disiplin menjalaninya. Klo sy slow gpp krna sy tau jika emang sy bs cuan 25℅/thn saja selama CAGR 8thn, sy uda senang sekali, itu sama dgn kenaikan +/- 500℅, dan menurut sy itu dah bsr sekali krna sy lakukan dgn nyaman dan tdk hawatir akan gejolak pasar.

    Ini bkn lg sok tau ya pak, sekedar sharing aj. Kita manusia cenderung tergiur melihat org lain, pdhl semua yg kita butuh utk sukses ada dlm diri kita, tinggal kita mengeksplorasi diri utk menemukannya, smoga anda segera menemukan senjata abadi anda, jika ada yg bs sy bantu mhn tanya saja. Slmt berinvestasi dan sukses slalu 🙂

  5. CPIN adalah salah 1 saham terbaik di sektornya namun sayang kesempatan terbaik sudah kita lewatkan, ga tau kpn lagi akan bs dpt di harga murah. Utk MAIN maupun SIPD kurang secara FA. JPFA ms lbh menarik, namun CPIN paling solid.

  6. Bicara soal media, saya sebenarnya juga suka SCMA dr taun lalu. Kinerjanya selalu super, sy jg suka nonton sctv. sayangnya valuasinya selalu mahal. Dan sepertinya sejak merge dengan indosiar taun 2013 ntah kenapa pergerakan harganya sangat fluktuatif sekali. Tidak jarang jelang penutupan, harga di kerek naik/turun tiba2 6%. Saya juga kurang sreg sama EMTK pemiliknya yg suka jual2 sahamnya di scma meski induknya ini memang posisinya sebagai investor yg mungkin ingin realisasi keuntungan. Sepertinya lbh cocok buat yang suka trading. Alhasil, saya sisain 1 lot saja sampai valuasiny menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.