Pertumbuhan bisnis Mayora yg Indah (MYOR)

Produk MYOROk, kali ini saya ingin bahas sebuah saham FMCG yg superb namun harga sahamnya ada di level yg layak untuk koleksi apalagi pasca split 1:25, saham ini seharusnya menjadi lebih liquid di bursa sehingga lebih terjangkau bagi yg modal kecil. Namun alasan utama saya membahas saham ini bukan kerana harga fraksi yg terjangkau tapi karena memang saham ini sangat layak utk dijadikan perhatian para investor jangka panjang. Semoga bermanfaat!

PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang. Awalnya target market Persoran hanya utk wilayah Jakarta dan sekitarnya namun Perseroan berekspansi dengan cepat dan hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun sudah menjadi perusahaan nasional.

Pada tahun 1990, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) dan mulai melebarkan sayap ke pasar Asean lalu ke negara-negara Asia dan kini sudah tersebar di 5 benua di dunia.

Sebagai salah satu perusahaan FMCG terkemuka, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money, “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa, “Top 100 public listed companies” dari Investor Magazine Indonesia, “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia, dan banyak lagi penghargaan lainnya.

Sesuai dengan Anggaran Dasarnya, kegiatan usaha Perseroan diantaranya adalah dalam bidang industri (manufaktur makanan dan minuman). Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk. dan entitas anak memproduksi dan secara umum mengklasifikasikan produk yang dihasilkannya kedalam 6 (enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi, yaitu: BISKUIT, KEMBANG GULA, WAFER, COKLAT, KOPI dan MAKANAN KESEHATAN.

Hampir semua produk Perseroan sudah tidak asing lagi buat kita semua sebut saja biskuit Roma, biskuit Malkist, biskuit Slai O Lai, permen Kopiko, permen Kiss, coklat Choki-Choki, wafer Beng-Beng, wafer Astro, kopi Torabika hingga minuman olahan Energen. Semua adalah merk-merk terkenal yg sudah kita konsumpsi sejak zaman dulu hingga kini.

Dalam negeri Perseroan tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing. Walaupun tidak disebutkan berapa kontribusi per divisi secara rinci, namun secara urutan, kontribusi pendapatan dari yg paling besar adalah divisi Kopi, di susul oleh biskuit, makanan kesehatan, wafer, kembang gula dan paling akhir coklat.

Sangat langka sekali utk perusahaan FMCG yg kita kenal yg merupakan tbk yg berhasil memperoleh kontribusi pendapatan hingga mencapai 40℅-50℅ hasil expor. Ini menjadi catalyst yg kuat atas mutu produk Perseroan sekaligus menjadi motor pertumbuhan berkelanjutan di masa depan utk penetrasi ke pasar global yg lebih luas.

Ok, yuk kita sama-sama analisa, sebagus apa sebetulnya kinerja Perseroan selama 10 tahun terakhir?

PROFITABILITAS & PERTUMBUHAN

Laporan Keuangan MYOR 10 - Overall

Laporan Keuangan MYOR 10 - Profitability

Dari sisi pendapatan dalam 10 tahun terakhir, Perseroan tumbuh dari 1,97T hingga mencapai 14,82T pada akhir tahun 2015. Kenaikan sebesar 7,5x atau CAGR sebesar 24,13% per tahun. Dan yg menarik selama 10 tahun terakhir belum pernah mengalami penyusutan pendapatan sekali pun.

Secara gross profit (GPM) Perseroan bergerak di level angka 17% hingga 28%. Beberapa kali GPM Perseroan sempat tergerus, dan jika di cek dari penjelasan management di annual report contohnya di tahun 2014 dimana GPM turun ke 18%, direksi menjelaskan bahwa terjadi lonjakan harga bahan baku yg signifikan. Tapi secara overall, GPM Perseroan masih bisa di maintain dan cenderung berada di atas level 22%.

Dari sisi laba operasi dalam 10 tahun terakhir, Perseroan tumbuh dari 171M hingga mencapai 1,86T di akhir tahun 2015. Ini adalah kenaikan hampir 11x atau CAGR sebesar 34,87% per tahun. Dengan data ini (pertumbuhan laba operasi > pendapatan) kita bisa tau bahwa Perseroan walaupun sudah berdiri lebih kurang 40 tahun dgn pendapatan sebesar 14T, masih merupakan perusahaan yg belum capai usia matang, sehingga potensi utk tumbuh masih sangat terbuka dan masih kecil di banding dengan pendapatan ICBP yg sudah mencapai 31T.

Operating profit margin (OPM) Perseroan bergerak di ranga 8% hingga 12% namun pada tahun 2014, terjadi penurunan OPM yg cukup signifikan yaitu menjadi 6,29% saja. Jika di telurusin ke annual report tahun tersebut, diketahui bahwa kompetisi juga sangat ketat sekali, sehingga beban penjualan dan promosi perusahaan agak membengkak sekaligus naiknya harga bahan baku, sehingga OPM pun terkenan ke angka yg rendah. Namun sejak 2015 kinerja Perseroan sudah jauh membaik, mala mampu mencetak OPM yg sangat tinggi yaitu 12,57%.

Dari sisi laba bersih Perseroan tumbuh pesat dari awalnya 94M hingga mencapai 1,22T di akhir tahun 2015. Ini adalah kenaikan sebanyak 13x atau CAGR 38,87% per tahun. Namun secara margin bersih (NPM), Persoroan tidak terlihat terlalu besar, bergerak di antara range 4% hingga 8% kecuali tahun 2014 yg turun ke hanya 2,85%. Itu karena Perseroan termasuk perusahaan ekspansif yg menggunakan leverage utang bank sehingga laba bersih pun terpangkas sebagian oleh beban bunga pinjaman.

Sekarang mari kita cek kesehatan keuangannya utk memastikan kelayakan utk invest di saham MYOR dgn beban utangnya yg ada.

KESEHATAN KEUANGAN

Laporan Keuangan MYOR 10 - Health

Secara Jangak pendek (dalam setahun), Current Ratio terlihat sangat bagus. Asset lancar masih rata-rata 2x hingga 3x diatas liabilitas jangka pendek berarti perusahaan tidak ada masalah liquiditas jangka pendek. Sama halnya dgn Quick ratio yg masih diatas 1x, juga mengkonfirmasi hal yg sama.
Karena dalam laporan ini tidak di cantumkan Quick ratio, jadi saya secara manual menghitungnya lalu lengkapi bagian kosong dgn warna merah. Quick ratio sudah saya bahas sebelumnya cukup gampang utk di hitung, tinggal ambil total asset lancar di potong persediaan lalu di bagi dgn liabilitas jangka pendek.
= (Total Current Assets – Inventories) / Total Current Liabilities

Secara jangka panjang (lebih dari setahun), Financial leverage terlihat sedikit tinggi. Idealnya ratio ini berada di bawah 2 kali. Namun jika liat lebih rinci yaitu porsi utang berbunga saja, yaitu dari Debt/Equity ratio, utang berbunga bergerak dari 0,27x di tahun 2006 naik hingga puncak di 2012 di 1,01x, namun kembali membaik di tahun 2015 menjadi 0,48x. Jadi utk saat ini secara kesehatan keuangan, perusahaan overall boleh di bilang masih sangat aman.

EFFISIENSI PUTARAN BISNIS

Laporan Keuangan MYOR 10 - Efficiency

Secara putaran bisnis, terlihat putaran piutang customer dan juga putaran persediaan melambat, sehingga mengakibatkan cash cycle menjadi lebih lama. Sedangkan utk putaran tagihan dari supplier masih cukup konsisten di kisaran 30 hari. Jadi kedepannya ini butuh di perhatikan utk memastikan cashflow operasi perusahaan cukup utk kebutuhan operasional usaha.

KINERJA 5 KUARTAL TERKINI

Laporan Keuangan MYOR 5 Kuartal

Berdasarkan data diatas, terlihat sekilas ada penyusutan laba bersih tahun 2016 baik di Q1 maupun Q2 kebanding Q4 tahun 2015. Ini sebagian juga di pengaruhi oleh kurs rupiah yg menguat di tahun 2016. Sebagai info tambahan, pendapatan Perseroan saat ini disumbang oleh expor sebesar 42% turun dari tahun sebelumnya YoY 47%. Tapi trend kedepan Perseroan akan terus menggenjot kontribusi expor hingga mencapai minimal 50% dari total pendapatan.

Itulah mengapa pentingnya kita tidak hanya melihat kinerja perusahaan secara sepotong periode kecil saja, tapi melihat gambaran besar masa 10 tahun terakhir utk bisa melihat trend pertumbuhan secara overview.

Lalu apa kesimpulan yg bisa kita tarik dari analisa atas?

1. Produk perusahaan sangat kita kenali dan di jual dimana saja, baik di supermarket, minimarket, pasar tradisional hingga warung jalanan dan komplek perumahan. Produk Perseroan banyak di konsumpsi oleh banyak kalangan masyarakat dari usia kecil hingga tua.

2. Ini adalah salah satu dari sedikitnya perusahaan lokal (sebetulnya saya tidak tau ada yg lain) yg memiliki kontribusi pendapatan hingga 50℅ dari expor di sektor khusus FMCG. Sungguh membanggakan dan tidak kita lupa juga, bahwa ini adalah sebuah kesempatan yg baik utk produk baru Perseroan kedepannya bisa dipasarkan dgn gampang di pasar internasional karena channel penetrasi dan distribusi sudah terbangun.

3. Tidak di ragukan lagi secara pertumbuhan baik dari segi pendapatan maupun laba, Perseroan tumbuh drastis selama 10 tahun terakhir namun pendapatannya masih kalah jauh banding perusahaan indofood yaitu ICBP.

4. Jika dengan beban keuangan yg ada perusahaan masih bisa tumbuh dengan level seperti ini, apalagi jika tanpa hutang nantinya? Tentunya akan lebih fantastis lagi, namun itu merupakan wewenang management sesuai model bisnis yg dijalani sehingga tidak terlalu signifikan. Namun yg perlu di take note dgn beban utang yg ada, kesehatan keuangan perusahaan masih stabil dan kokoh, jadi tidak ada yg butuh dihawatirkan.

5. Yang menjadi sedikit downside adalah cash cycle yg melambat. Jadi kita harus lebih giat memantau cashflow Perseroan kedepannya utk memastikan putaran uang operasi perusahaan masih stabil dan tidak merusak kemitraan dgn pihak manapun sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Jadi, jika anda lagi mencari sebuah emiten consumer goods utk melengkapi porto anda, barang kali MYOR bisa menjadi salah satu opsi anda utk investasi jangka panjang. Namun layaknya beli di berapa? Ayo kita lihat valuasi berikut!

VALUASI HARGA WAJAR

Valuasi MYOR - StockbitSesuai valuasi dari stockbit yaitu menggunakan MEAN PER 3 tahun terakhir, harga wajar MYOR berada di angka 1706. Berarti MOS adalah 12% dari harga penutupan hari ini di 1525.

Namun, jika kita merujuk kepada MEAN PER yg lebih panjang yaitu 5 tahun terakhir, harga wajar MYOR ada di 1846, berarti dgn harga saat ini MOS adalah 20%++. Seperti gambar dibawah.

Valuasi MYOR

Ingat jika MYOR sudah matang seperti UNVR atau HMSP suatu saat nanti, kemungkinan besar anda tidak akan bisa mendapatkannya lagi di harga diskon mala anda harus bayar lebih premium dari 20℅ hingga 40℅ utk memilikinya.

The choice is yours, now you know how good MYOR is!

Sekian utk article analisa FA kali ini. Jika anda ingin mendapatkan penjelasan lebih rinci tentang cara analisa seperti yg di article ini, bisa baca di sini.

Selamat berinvestasi!

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

19 thoughts on “Pertumbuhan bisnis Mayora yg Indah (MYOR)”

  1. Saya ambil di harga 1550 dan 1535 hu. Semoga hu, sekali lagi terima kasih utk ulasannya yang sangat enak di baca dan bisa menambah pengetahuan fa saya. Semoga sukses hu

  2. mantap. saya baru beli di 1500 dan 1505. awalnya karena “kecelakaan” gara gara software sekuritas menyebut PER 1,13.. ternyata belum dikali 25x sayakira dapat jackpot hahaha. sukses Hu 🙂

  3. Smoga berkah bu. Hehhehe moga3 ga anda hajar habis2an dgn gadai semua asset krna sekuritas salah info ya haha… Slalu ingat resiko, slalu diversifikasi gmn bgs pun 1 saham terkesan.

  4. Asik sekali dapat harga 100 perak dibawah modal sy. Smoga menjadi pilihan yg tepat ya pak. Menjadi investor itu emang hrs sabar dan byk saat terlihat melawan arus. Namun klo sabar, saham yg tepat slalu akan mengalahkan waktu yg tepat. Slmt berinvestasi jangka panjang pak.

  5. perusahaan ini kok agak ragu masuk ,byk produknya gak masuk kek le minerale ,bakmie mewah .smua saya liat gak ad dilaporan perusahaan yg membuatnya tapi ad mayora nutrition di logo belakangnya ,

    1. Pak, ini menurut tmn sy yg jg bergerak di industri ini di salah 1 perysahaan FMCG yg ga kalah terkenal. Ini jwbnnya:

      >>>>>
      Setau sy semestinya semua masuk pak, klo lihat di website perusahaannya http://www.mayora.com/our-brands/beverages/le-minerale/ brand tersebut diatas masuk Mayora. Tp memang di lap keu 2015 tidak masuk, mungkin belum di mention kategory khusus tersebut. Tp klo melihat berita dari public expose perusahaan, brand-brand tersebut masuk MYOR

      Klo lihat laporan tahunan 2015, sy lihat hanya produk yang sudah eksis >5 thn yang mereka masukkan dalam laporannya pak, mungkin juga management hati-hati memasukkannya karena takut produknya tidak bertahan dan pruning dlm bbrp waktu kedepan.
      >>>>>

      Smoga bermanfaat, nnti juga saya akan coba mencaru tau ya, sampai kini blm ada tanggapan dr corsec perusahaan atas email sy haiz…

    2. Oh dan sy ktmu link ini juga brsn http://bit.ly/2hp9jLd

      Dr cara tulis kesannya emang ada kesengajaan dr pihak management utk menutupi demi kerahasiaan produk baru dr segi cost.

      Namun keliatannya di 2016 nnti, hrsnya produk yg mereka nilai sukses dah akan masuk ke profil myor seperti pucuk harum, kopiko78, le minerale dan bakmi mewah.

  6. Saham MYOR ini cocok untuk nabung saham, karena dalam sepuluh tahun terakhir harga sahamnya naik sekitar 40 kali. Kebanyakan konsumer good yang sudah punya pasar puluhan tahun punya tipe chart yang selalu meningkat, cenderung kebal dan stabil meningkat meskipun di saat krisis ekonomi. Kalau dibandingkan berdasarkan peningkatan harga saham dengan saham UNVR unilever yang hanya terjadi peningkatan harga saham sekitar 7x dalam sepuluh tahun terakhir, saham MYOR adalah pemenangnya. Mungkin bung aliantochan punya contoh saham lainnya yang peningkatan harga sahamnya seperti MYOR. Cmiiw.

    1. Mungkin cukup banyak pak jika kita mau fokus utk mempelajarinya satu per satu. Salah 1 contoh lain adalah ALFAMIDI (kode emiten MIDI). Saat ini pendapatannya adalah 1/7 dari ALFAMART (kode emiten AMRT), namun laba bersih adalah 1/3 (lebih menarik), terus jumlah toko adalah lebih kurang 1/10 dari AMRT pula. Nah,,, sepertinya jika kita pikir secara simetri (sekilas), apa yang akan terjadi jika MIDI nanti memiliki toko sebanyak AMRT?

      Secara valuasi? AMRT saat ini ada di 42,5x sedangkan MIDI di 17x, so do the math! Itu hanya contoh saja. Intinya yg bpk maksud itu adalah GROWTH STOCKS. Mungkin boleh coba cari buka COMMON STOCKS, UNCOMMON PROFITS karya PHILIP A. FISHER, buku yang sungguh bagus walaupun bahasanya agak olden sehingga pemahaman agak sulit kadang. Namun beliau adalah sang guru besar growth investing, bahkan WB mengadopsi sebagian besar stragegi investingnya dari beliau juga.

  7. pak alianto, myor lagi diskon nih, hehehe.
    kinerja q2nya memang menurun karena cogs nya yg cukup meningkat.
    plus issue daya beli masyarakat yg menurun.

    ada pendapat pak?
    kl menurut saya, daya beli masyarakat yg menurun krn skrg banyak orang lebih sering belanja online, masuk akal sih, tp saya rasa bukan itu faktor utamanya.

    1. Masih terlalu awal utk blng pak. Benar daya beli konvensional menurun, dan ecom meningkat. Namun ecom pun kn hrs beli dr pabrik, hrsnya channel apapun, manufaktur ttp meningkat donk klo penjualan total meningkat. Namun hal tersebut tdk terjadi, maka yg bs kita asumsikan saat ini adalah potensi perubahan pola konsumsi.

      Ada tmn komunitas yg juga sempat memberikan pandangan bahwa skrg byk produk konvensional yg disubstitusi oleh produk home-made. Kini org lbh suka membeli pengamanan bading fungsi produk. Sama halnya kita lihat ada toko2 yg diantri berjam-jam hanya utk bs selfie dgn produkny diwkt yg lain, ada yg sepi peminat pdhl sebelahan dan produknya mirip.

      Saat ini pola konsumen sedang berubah tp tdk jelas kedepan akan seperti apa, kita amati saja dlu.

      Terlepas dr itu, sy ms optimis dgn perusahaan seperti myor dan sejenis pak. Intinya dlm bisnis ga ada yg one up, pst ada saatnya kinerja dia menurun, krna menurun maka harga juga kadang menurun dan itu kesempatan buat beli.

      Ingat pak, banyak analis itu meluhat masa dpn berdasarkan masa lampau yg terkini, sehingga aa yg sedang dan baru terjadi, slalu dipersepsikan sebagai masa dpn. Padahal, belum tentu. Hrs berani liht lbh jauh dan jika kita mau jangka panjang, kita kudu ks wkt utk dia tumbuh. Kuncinya sabar pak.

  8. Menarik Pak Alianto, tentang sharing mengenai perkembangan saham MYOR.
    mungkin akan lebih baik jika ada data update terakhir di tahun ini dan sedikit analisa tambahan mengenai perkembangan sahamnya di tahun ini. Sekedar masukan.
    Thanks

    1. Jika nanti memiliki waktu, akan sy tambahkan lagi updatenya pak, namun jujur ya, sy akan slalu lbh prioritaskan pembahasan shm yg ada di porto (bias hahaha) dan shm yg menurut sy layak invest dan harga blm kemahalan. thx inputnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.