Portfolio Juni 2016

Portfolio June 2016Tepat pada hari ini tanggal 30 Juni, kita sudah menempuh perjalanan 50% menuju penghujung tahun 2016.

Dua bulan ini bursa saham penuh dgn sentimen. Mei adalah bulan penuh mitos, “Sell in May, and go away”. Lalu di bulan Juni, terjadi peristiwa yg seakan-akan bisa menghancurkan pasar keuangan dunia dgn keluarnya Inggris dari Uni Eropa (or at least that’s what news always says). Tapi siapa pula yg bisa menebak, ternyata pasar modal kita baik-baik saja. Bagi yg percaya sama sentimen pasar tentunya bisa berargumentasi bawah pengesahaan UU Tax Amnesty lah yg berhasil menyelamatkan bursa kita. Mungkin iya, mungkin tidak, dan menurut saya itu tidaklah penting. Yg lebih penting adalah bagaimana bisa menemukan dan memiliki saham-saham SUPER di porto di setiap kesempatan yg timbul.

Mari kita liat, apa yg berubah di dalam porto utk bulan Juni ini.

Setelah saya gagal mengumpulkan keberanian utk meng-cutloss NRCA-W (waran) dgn floating loss 96%, akhirnya sekuritaslah yg berbaik hati dan membantu saya mencabut kode saham tersebut dari porto. Bagaimana perasaaan saya? Tentunya sangat sedih mengalami real loss 100% di satu saham, karena sesadis-sadisnya saham gocap seperti BUMI, asal tidak delisting masih memiliki kesempatan dijual dgn harga 60, 70, 80 atau bahkan 8000 maybe? (just kidding). Tapi sebaliknya saya juga lega, karena akhirnya saya bisa move-on dari kegalauan waran ini. Ayo, Ali! Ganbatte!!!

Ada family member baru di porto bulan ini, namanya Central Omega Resources (DKFT). Ini adalah saham perdana saya dalam kategori “turnaround, hasilnya nanti kita lihat saja di 2017, apakah benar saham ini bisa sukses berbalik badan, atau mala makin terpuruk. Saat ini saya sudah masuk dgn 1/4 alokasi, masih dalam pertimbangan apakah kedepannya saya akan menambahnya ke full 1 alokasi. Stay tune for future updates!

Selain yg atas, saya juga beli saham JSMR (ini tentunya sudah tidak asing lagi). Sesuai dgn valuasi saya, di harga 5200 diskon ke wajar JSMR adalah 25%. Perusahaan mana lagi di Indonesia yg memiliki jalan tol yg paling panjang yaitu dgn total lebih kurang 1200KM, jika bukan Jasa Marga? Walaupun kasus sengketa di tol kebun jeruk belum kelar, saya masih sangat optimis saham ini tetap layak dikoleksi, justru jika bukan ada kabar buruk, kapan lagi investor retail punya kesempatan membeli saham bagus di harga murah. Umumnya diskon ke wajar yg saya minta adalah 40%, tapi ada beberapa saham seperti UNVR, BBCA, HMSP saya rela beli dgn diskon lebih kecil atau bahkan tanpa diskon, karena kinerja mereka yg sangat SUPERB, dan JSMR menurut saya adalah salah satu.

Saya masih terus menambah saham MIDI, akumulasi perlahan-lahan dgn porsi yg kecil. Sepertinya minggu ini ada investor yg tidak lagi sabar memegang saham MIDI, sehingga menglego MIDI di harga 705-730. Teman-teman komunitas saya banyak yg dapat harga murah di saham ini, sedangkan AVG modal MIDI saya masih di 749, but worry not, saham ini masih terlalu murah dari harga wajarnya di 1600. Tetap sabar menanti hari Indah!

Itu saja transaksi-transaksi beli saya di bulan Juni.

Selain transaksi beli, saya juga sempat melakukan porto-rebalancing di saham ROTI dan AISA. ROTI berhasil dijual (tahap 1) dgn profit 24%, dan AISA berhasil dijual (tahap 2) dgn profit 42%.

Kini porto saya sudah memiliki 10 saham, size yg tergolong ideal menurut saya. Mungkin maksimal saya akan naikin hingga 12 saham jika kesempatan murah muncul kembali. Kita lihat saja kedepannya bagaimana!

That’s all for June! Salam berinvestasi semua, dan selamat merayakan hari raya Idulfitri bagi teman-teman muslim dan happy holiday buat yg lain!

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

Leave a Reply

Your email address will not be published.