Portfolio Mei 2016

Portfolio May 2016Tanpa disadari, satu bulan sudah kita lewati lagi dan kini hanya tersisa 7 bulan sebelum kita menginjak penghujung tahun 2016. Time really flies.

Di bulan Mei ini, transaksi saya cukup banyak, terutama karena saya sudah menerapkan sistem porto-rebalancing sebagaimana sudah pernah diulas disini.

Where should I begin?

Ok, terlihat di bulan Mei 2 hal utama yg terjadi di porto saya:
1. Jumlah jenis saham bertambah
2. Average price berubah.

Secara kronologis:

Pada awal bulan Mei saya mulai belanja saham yg sebelumnya memang sudah menjadi incaran saya, yaitu MPPA. Banyak pertimbangan sebetulnya mengapa tertarik utk beli MPPA walaupun emiten ini mencetak rugi sebesar 120M di Q1. Mungkin nanti saya akan tulis article baru khusus membahas MPPA, tapi intinya saya melihat bahwa perseroan hingga kini masih aktif beroperasi dan ekspansi, dan juga berhasil mencetak cashflow operasi secara positif sebesar 180M di Q1. Tapi karena saya sendiri belum terlalu nyaman dgn strategi cara belanja seperti ini, jadi saya masuk dgn posisi yg sangat kecil yaitu 1/5 dari alokasi saja. Jika suatu saat nanti MPPA jatuh ke range 1000-1100, saya akan membelinya lagi dgn 1/5 alokasi lagi, sehingga nanti secara total saya bisa memiliki MPPA dgn alokasi 2/5. Utk tahap 1 saya sudah masuk ke MPPA dgn harga 1335.

Next, saham MIDI. Sebetulnya ada alasan lain mengapa saya hanya ingin spend 2/5 alokasi di MPPA, karena setelah banyak diskusi sama teman komunitas dan melakukan analisa fundamental, saya sangat tertarik dgn emiten yg berkode MIDI (Alfamidi) ini. Walaupun sahamnya sangat tidak liquid dan sangat sulit utk dibeli maupun nanti dijual, kinerja 5 tahun terakhir superb sekali, sehingga sangat sulit utk saya abaikan. Saya sudah mulai belanja dgn avg 758. Saya akan lebih pro ke MIDI dan menempatkan alokasi 3/5. Jadi jika MIDI dan MPPA digabung, total adalah 1 full alokasi.

Next, apa saya bilang di bulan lalu? setiap kali saya tidak disiplin, saya akan tiap kali pula di tegur oleh pasar. Di April, saya masuk PGAS di 2590 dgn diskon 20%. Ternyata PGAS memberi diskon tambahan di bulan Mei hingga 40%. Dan oleh karena itu juga, saya happy iya, sad juga iya, kembali menambah alokasi sesuai rencana averaging down. Jadi saya masuk lagi 1/3 di harga 2210. Kini avg saya 2386.

Selalu ada hal yg baik terjadi pada orang yg sabar menantinya. Terbukti di bulan Mei, pasca terjualnya GOLL dari AISA, harga saham AISA terbang hingga kini. Tapi karena saya sudah menerapkan sistem porto-rebalancing, maka mau-tidak-mau karena AISA sudah memberikan profit > 20% pada saat itu, maka saya pun mulai menjual sebagaian. Yg menarik dari strategi porto-rebalancing ini, tidak lama kemudian setelah saya jual sebagain AISA di 1390, pasar kemudian kembali menawarkan saya di harga 1260, dimana saya sulit utk tolak, hence average price saya kini 1114.

Sedangkan LPCK adalah kebalikan dari AISA, karena dia terkoreksi hingga 6400, maka saya menambah posisi hingga avg kini 5814. Dan karena LPCK juga sudah memberikan profit > 20% maka sudah juga saya lakukan porto-rebalancing di saham ini.

Finally, saya juga sudah secara perlahan mengurangi posisi saya di SSIA. Karena kinerja 2015 secara full year kurang memuaskan, utk membatasi resiko, saya terpaksa memangkas alokasi. Tapi karena avg saya rendah di 580, sehingga walaupun terjual di harga 630-665, SSIA tetap menyumbangan kontribusi laba ke porto. Jika kedepannya dia mengalami koreksi yg berlebihan, cashflow saya pun lebih siap utk membelinya lebih banyak lagi dari posisi sekarang.

Hufft! setelah beberapa bulan yg sepi, bulan Mei yg hectic! Sekian porto bulan Mei.

P/s: tidak terjadi aksi apapun di saham yg tidak saya mention seperti NRCA, NRCA-W maupun ROTI utk bln Mei.

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

7 thoughts on “Portfolio Mei 2016”

  1. Halo pak, saya penasaran kenapa nrca nya tidak di topup sama sekali? Apa ragu dg kinerja kedepannya tapi tidak sanggup cut loss? Beberapa kali turun di bawah 600 seharusnya bisa topup. Ataukah ada target harga beli?
    Saya juga penasaran nrca-w knapa dipilih tidak cukup sahamnya saja.

  2. Saya sdh pegang nrca 2 thn pak. Dlu posisi nrca di porto sy (hingga penghujung 2015) adalah 65% dan 35% di sido. Sy byk melakukan kesalahan dlm money management. Sy terlalu yakin sehingga dgn arogan nambah posisi terus saat dia naik maupun turun. Sehingga avg sy ada di 1018 kini. Tp sejak 2016 sy sdh jual hampir 50% nrca dan semua sido, dan alokasi ke saham2 lain yg menurut sy bgs dan murah.

    Saya tdk nambah lagi krna keterbatasan cashflow dan bahkan saat ini, dia ms makan 35% porto saya, terlalu besar utk 1 posisi. Sy tdk jual, krna dgn harga saat ini sdh murah walaupun tdk tau kpn dia akan kembali naik.

    Klo waran, murni kebodohan dan keserakahan. Pernah memberi profit 126% tp keserakahan sy membutakan saya, dan mengharap lbh tinggi, dan kini anda bs liat sendiri apa yg sy derita.

    Jd dua itu akan slalu mengingatkan saya mengapa sy pilih jalur investasi yg sy tempuh saat ini. Yg salah ga bs undone, tp kita bs pilih utk bangkit dan memperbaiki diri supaya hal yg sama tdk terulang.

    Saya tdk akan melakukan spekulasi pak, krna tdk sesuai dgn misi saya. Mungkin porto-balancing adalah kata lain dr trading, mungkin, tp dlm definisi sy beda, krna sy tdk memanfaatkan prediksi tp bertaruhan dgn wkt.

    Blog ini sy buat jg dgn maksud mengawasi diri, supaya sy slalu ingat, apa yg sy sebut disini dan lakukan dlm investasi hrs sinkron. Jd atas pengawasan diri ini, sy harap sy akan slalu waspada dan jelas apa yg sy lakukan dlm investasi saham, tdk pernah lagi mencoba cari shortcuts (jalan pintas).

    Sukses slalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.