Portfolio Apr 2016

Portfolio April 2016Bulan April yang membosankan! Market terlihat berkonsolidasi di range 4800-4900 dan belum kunjung kelar. Hal tersebut pun tercermin dari portofolio saya dimana sebagian saham menunjukan penguatan seperti (LPCK dan ROTI) tapi sebagian lain mengalami pelemahan pula seperti (AISA dan SSIA).

Di bulan April ini, saya hanya berhasil berbelanja dengan porsi kecil di saham LPCK pada harga 6800, sehingga bisa dilihat bahwa average price saya naik dari sebelumnya di 5598 menjadi 5707 saat ini. Tapi sepertinya keputusan yang tidak salah (fingers x).

Selain LPCK, saya juga mulai masuk ke saham PGAS, karena saya percaya ini adalah kesempatan yang baik dimana kinerja beberapa tahun terakhir menunjukan banyak kekecewaan. Tapi apakah semua tau, bahwa PGAS itu sudah bersejarah lebih dari ratusan tahun di Indonesia, dan sampai kini masih berdiri?

Setelah mendapatkan MOS dikisaran 20%, saya mulai belanja di harga 2590. Umumnya saya lebih senang membeli saham dengan MOS yang lebih besar, contoh 40% hingga 60%, tapi justru karena itu, banyak kali saya kehilangan kesempatan di saham seperti MLBI, LPPF, HMSP dan SCMA. Kadang emang sulit menerka seberapa murah suatu saham akan turun dan beli dengan momentum yg begitu pas, sehingga pasca beli, harga akan langsung naik melambung! Sebenarnya sih gampang-gampang susah! persis seperti anda melemparkan sebuah coin, kadang kepala kadang ekor! Jadi, dgn kata lain, forget it! anda tidak akan bisa baca setiap momentum dgn akurasi yg pas, lebih baik anda fokus pada diskon yang diberikan, jika merasa cukup ya beli, jika belum ya tunggu atau cicil sebagian. Balik ke metode dan cash management kita masing-masing. (maaf kebawa sedikit ngeluhan tadi…)

Tapi karena MOSnya hanya 20%, saya yang biasanya belanja dengan 2x averaging down, kali ini saya putuskan untuk mengurangi resiko, sehingga saya bagikan menjadi 3x, supaya jika benar PGAS nanti turun lagi, contoh ke MOS 40%, saya bisa belanja lagi dgn 1/3 porsi, lalu ke MOS 60% saya belanja lagi utk terakhir kalinya di saham PGAS.

Jika ada yg bingung dgn MOS yang saya pakai, sebenarnya MOS yg saya maksud adalah diskon ke harga wajar. Contoh: saham A, harga wajar adalah 1000. Saat ini harga saham A ada di 600, berarti dari 600 ke 1000,
MOS adalah 66,67% –> (1000-600)/600, GOT IT???

Ok, sekian utk bulan April, semoga bulan Mei porto lebih cerah!

N/b:  Musim laporan keuangan Q1 2016 sudah tiba, hoooray!!!

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

Leave a Reply

Your email address will not be published.