Apakah layak invest di LPCK dgn banyak sentimen negatif saat ini?

LPCK adalah salah satu emiten property industri yg memiliki kinerja yg sungguh luar biasa dgn pertumbuhan CAGR 5th terakhir sbb:
Pendapatan @ 41%
Laba operasi @ 57%
Laba bersih @ 101%

Segment usaha per LK Q3/2015 sbb:
Industri & komersial 32%
Residensial 57%
Recurring 9%
Lain-lain 2%

LK per 30 Sept 2015:
Liabilitas = 1,67T (1,2T uang muka pelanggan)
Ekuitas = 3,31T
Kas dan setara kas = 440M = 630 / saham
Pendapatan = 1,47T
Laba usaha = 732M
Laba bersih = 734M
EPS = 1050, diannualised menjadi 1400.

Jika di annualised, berarti laba bersih LPCK utk thn 2015 bisa mencapai 978M. Sungguh luar biasa utk satu emiten bisa masuk ke daftar pencatatan laba bersih >= 1T di BEI, dan terakhir saya cek, yg berhasil menempatkan diri di list tersebut tidaklah lebih dari 40 emiten saja. Dan apa yg luar biasa lagi,,, dgn 978M, berarti laba LPCK dlm 1 thn adalah lebih kurang 60% dari total liabilitas perusahaan yg mana 72% dari liabilitas tersebut merupakan uang muka nasabah.

Dari sisi utang berbunga seperti pinjaman bank dan sejenis, perusahaan hanya memiliki utang senilai 172M dimana utang tersebut akan jatuh tempo dlm kurun waktu kurang dari 1 tahun. Perusahaan tidak memiliki utang berbunga yg lain sama sekali.

Utk valuasi saham LPCK, secara perhitungan sederhana saja, dgn EPS 1400, ditambah dgn kas dan setara kas per saham 630, berarti total nilai adalah Rp2030. Dgn harga saham LPCK saat ini berada di harga 5800, berarti PER sesungguhnya adalah 2,9x. Utk perusahaan yg mencetak ROE >= 25% secara konsisten dan kemampuan membayar total utang dgn 2x laba bersih, dihargai PER 2,9x??? Apa tidak salah?

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

2 thoughts on “Apakah layak invest di LPCK dgn banyak sentimen negatif saat ini?”

  1. Menurut saya mengapa emiten sebagus LPCK tidak pernah dihargai tinggi 5 th terakhir (per antara 4-9) . Karena bandar (pemain harga) masih mau akumulasi lpck di harga rendah, tapi masalahnya yg kontra pegang barang hampir semuanya investor-minded dgn mental dan financial yg kuat. Itu bisa dilihat dari volume trading yg ngga pernah nyampe 1% dari share outstanding yg udah terlalu sedikit juga (696 juta lb).Tapi perjalanan saham ini yg udah hampir 20 th di bursa telah membuktikan long term investor akan mendapatkan buah yg manis pada akhirnya, terendah pernah 250 , tertinggi 12.400. So kalo ada sale bandar kayak gini maka investor retail harusnya jeli bersikap, jangan menunggu investor institusi yg malas maen duit receh.
    Dedy Muller

  2. Saya setuju dgn anda pak Dedy, ini adalah salah 1 saham yg sangat fantastis, tentunya bisa di argumentasikan mengenai keuntungan yg tidak pernah di sharingkan dlm bentuk dividen ke pemegang saham. Apa gunanya membagi hasil lalu hrs berutang? Itu view saya. Saat ini LPCK lagi bangun maha karyanya di cikarang dgn investasi 250T di orange country, kita lihat saja kedepannya apakah proyek ini akan memberikan imbah hasil yg memuaskan atau hanya sekedar kehebohan sesaat yg ujung2nya gagal. Apa yg kita liat, baca dan analisa adalah sebatas apa yg sudah dan sedang terjadi, kedepan tetap misteri. Intinya kita yg berminat di saham tersebut, spendlah sedikit wkt utk memantau dan mengkawalnya along the way. Thanks sdh drop by di blog sy. Jika ada hal yg bermanfaat mhn sharingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.