SMSM: Market share dan keunggulan persaingan Selamat Sempurna (19/09/2016)

Dear Bp Ali Anto,

Dengan hormat,

Adapun penjelasan untuk pertanyaan Bapak sebagai berikut :

1. Saat ini pangsa pasar lokal baru menempati porsi 30℅ sedangkan export 70℅ dr pendapatan. Jika di rincikan, seberapa besar market share produk filter dan radiator perseroan masing masing utk pasar lokal dan export?

Tanggapan :

· Pasar Global :
Market Share produk Perseroan baik filter maupun radiator di pasar Global masih kurang dari 1%

Bila dilihat publikasi data dari pesaing Perseroan di Global bahwa penjualan produk filter di pasar global mencapai US$ 50 milyar per tahun dan diperkirakan mencapai US$ 60 Milyar di tahun 2021; selain itu di pasar global penjualan produk radiator sebesar 1,650,000 unit per tahun, tentunya jika dibandingkan dengan penjualan produk Perusahaan maka market share Perseroan masih sangat kecil.

Namun Perseroan tetap optimis, we believe “Small is Beautiful” … karena masih kecil maka masih banyak peluang bagi Perseroan untuk bertumbuh .. bahkan para pemain global tidak melihat Perseroan sebagai pesaing mereka mengingat size mereka lebih besar 10-15 x disbanding Perseroan.

· Pasar Lokal :
o Market Share Produk Perseroan untuk Filter di pasar Lokal sekitar 35% [Market Leader dan Price Leader menurut GIAMM]

o Market Share Produk Perseroan untuk Radiator di pasar Lokal sekitar 10%, karena di Indonesia sangat jarang kita mendengar orang mengganti radiator ..

bahkan untuk case Indonesia tergolong cukup unik .. karena bilamana radiator bocor .. orang Indonesia cukup kreatif memperbaiki radiator dengan “las” .. padahal hal ini sangat berbahaya karena radiator adalah produk thermal/heat exchanger bila ternyata setelah diperbaiki tidak berfungsi maka mesin akan terbakar … contohnya untuk radiator mobil à mobil terbakar.

Berbeda dengan negara-negara diluar Indonesia, mereka akan segera mengganti radiator bila radiator bocor dan untuk negara-negara yang memiliki 4 musim .. setiap tahun mereka mengganti radiator karena umumnya negara-negara tersebut menggunakan garam untuk mencairkan salju dan garam mengakibatkan korosi .. sehingga setiap tahun setelah musim dingin berakhir mereka akan mengganti radiator.

2. Apakah dr segi penilaian perseroan, ada kompetitor yg layak di take note yg bisa menghambat pertumbuhan kinerja perseroan baik lokal maupun expor?

Tanggapan :
Mengenai kompetitor, dapat dijelaskan sebagai berikut :

Perseroan menghadapi kompetisi di setiap negara baik dari local manufacturer maupun import product yang masuk ke negara tersebut. Di Industri ini, dapat dikatakan “its priceless sensitive” ; pada saat membeli produk Filter dan Radiator – yang dicari oleh Customer adalah Quality bukan harga .. karena produk ini sangat penting bagi mesin … bilamana filter dan radiator tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka yang akan rusak adalah mesin .. yang mana harga mesin jauh lebih mahal daripada harga filter dan radiator.

Selanjutnya – sampai saat ini menurut kami , belum ada Perusahaan yang memiliki typical yang sama persis dengan Perseroan, salah satunya adalah Perseroan dikenal memiliki “Widest range of product”, dimana sampai saat ini secara total kami memiliki 8000 SKU [2000 SKU untuk Radiator dan 6000 SKU untuk Filter]. Bagi customer yang datang ke SMSM, seperti datang ke hypermarket /one stop shopping… They can buy anything – put in one container then ship to their country.

Kami juga memiliki kualitas yang sama dengan produk-produk branded[termasuk OE] hal ini dikarenakan Perseroan juga melakukan contract manufacturing untuk produk-produk tersebut .. yang berbeda hanya brand/stempelnya. Kualitas Produk Perseroan dibuktikan dengan pengakuan dari OEM/OES dimana Perseroan merupakan salah satu supplier dari OEM/OES baik local maupun global.

Good Quality Product with Reasonable Price.

3. Selain merk sakura dan ADR yg terkenal, apa competitive advantage lain yg menurut ibu di miliki perusahaan sehingga bisa sustainable di national dan global market utk jangka panjang?

Tanggapan :
Selain hal-hal yang saya sebutkan di point (2) yaitu Widest Range of Product, hal lainya diantaranya :
· Kapasitas Produksi

Pabrik Perseroan dikenal sebagai fasilitas produksi terbesar di kawasan asia dengan kapasitas produksi 100 juta filter per tahun dan 2 juta radiator per tahun.

· Vertical Integration Production Facility
Fasilitas produksi Perseroan sangat flexible karena didukung oleh anak-anak Perusahaan baik untuk cetakan [mould&dies], karet, packaging maupun fasilitas steel processing.

· Registered Brand,
Saat ini brand SAKURA dan ADR yang merupakan merek asli Indonesia telah diregistrasi ke lebih dari 100 negara, hal ini penting karena Perseroan memiliki impian untuk menjadi Perusahaan Global seperti Donaldson, Clarcor , Cummins, Mahle, MANN yang memiliki brand equity dan produk-nya merupakan produk branded/premium [FYI : umur brand Donaldson, Clarcor, Cummins, Mahle, Mann telah berusia lebih dari 100 tahun]

· Penjualan Export ke Lebih dari 100 Negara.

Penjualan export ke lebih dari 100 negara dan penambahan jumlah negara tujuan ekspor merupakan langkah strategis diversifikasi pasar dan penyangga bilamana terjadi gejolak di salah satu wilayah, selain untuk meningkatkan daya saing Perseroan di tengah perkembangan industri komponen otomotif global.

Regards,

Lidiana Widjojo | Corporate Secretary
PT Selamat Sempurna Tbk [members of ADR Group]
Phone:+62-21-6610033 ext 327 | Fax: +62-21-6618438
Lidiana.widjojo@adr-group.com | www.smsm.co.id