KINO: Prospek usaha dan kinerja Perseroan

Dear Pak Peter Chayson,

Perkenalkan nama saya Alianto, salah satu investor saham dan member dari komunitas Saham Indonesia.

Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada bpk tentang prospek usaha dan kinerja KINO, semoga bpk bersudi meluangkan sedikit waktu utk menjawabnya:

Selamat Siang Bapak Alianto,

Terima kasih atas email yang Bapak kirimkan.

1. Jika dilihat dari porsi margin Perseroan sesuai dgn paparan di pubex, maka produk perawatan tubuh (personal care) sangat menggiurkan. Berdasarkan riset industry FMCG, produk personal care memang mengalami pertumbuhan yg paling tinggi secara nasional. Apa upaya Perseroan dalam meningkatkan pendapatan dari segment ini? Jika di lihat dari hasil pendapatan Q3 2016, masih ada stagnansi (sedikit menurun mala) di segment ini.

Kami melihat perekonomian makro Q3 2016 masih melambat, GDP tidak sesuai harapan, indeks keyakinan konsumen juga masih rendah. Penjualan menjelang lebaran tahun 2016 juga tidak sebaik yang diharapkan. Hal ini berdampak terhadap permintaan produk perseroan. Beberapa survei juga mengemukakan adanya pergeseran kepada produk konsumsi dengan harga yang lebih murah yang dikarenakan masih melemahnya perekonomian Indonesia.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh Perseroan adalah dengan terus melakukan inovasi dan peluncuran produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar dan mengembangkan jaringan distribusi. Iklan dan promosi juga akan dioptimalkan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

2. Apakah bpk bisa memberikan penjelasan mengenai dampak jangka pendek dan jangka panjang secara fundamental atas larangan hak paten merk cap kaki 3 walaupun Perseroan tetap bisa memproduksi dan memasarkan merk tersebut?

Issue mengenai Cap Kaki Tiga tidak berdampak secara fundamental kepada perseroan baik secara jangka pendek maupun jangkan panjang. Perseroan masih tetap melakukan produksi, distribusi dan penjualan produk tersebut seperti biasa.  

3. Seberepa besar kontribusi pendapatan Perseroan dari produk-produk yg bermerk Cap kaki 3? dan seberapa besar pula kontribusi laba brutonya?

Gross Profit segmen minuman berkisar sekitar 41%-42% untuk periode YTD September 2016.

4. Jika di lihat dari cash cycle Perseroan selama 5 tahun terakhir, perputaran arus kas melambat sejak tahun 2015 hingga kini, dan itu juga tercermin dari arus kas operasi yg mulai negatif sejak 2014. Bisa kah bpk memberikan penjelasan alasan hal ini dan estimasi kapan arus kas bisa kembali normal sesuai atau diatas laba yg di cetak?

Untuk arus kas sudah positif di posisi September 2016, silahkan dicek di laporan keuangan kuartal 3.

5. Apakah ada aksi korporasi dalam waktu dekat yg bpk mengetahui yg bisa mempengaruhi pergerak harga saham Perseroan dalam waktu dekat?

Untuk saat ini, belum ada aksi korporasi dari perseoan.

6. Apa strategi jangka menengah dan panjang Perseroan dalam menunjang pertumbuhan berkelanjutan di masa depan?

Perseroan akan terus melakukan inovasi-inovasi terhadap produk yang akan diluncurkan, mengoptimalkan iklan dan promosi, serta melakukan penetrasi distribusi yang lebih baik. 

7. Bagaimana prospek dan target Perseroan utk tahun 2017 mendatang?

Kami optimis tahun 2017 akan lebih baik dari pada tahun 2016.

8. Apakah saya boleh request hardcopy laporan tahunan 2015 utk dikirimkan ke alamat saya?

Mohon Bapak kirimkan alamat Bapak agar dapat kami kirimkan hardcopy annual reportnya.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Best regards,

Alianto Chan

Demikian Informasi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Corsec.

Followup email berikutnya…

Dear Alianto,

Berikut Informasi yang dapat kami sampaikan.

Terima kasih.

On 2 Nov 2016 09:59, “Ali Anto” <alianto.chan@gmail.com> wrote:
Dear Pak Peter,

Terima kasih sudah membalas email saya. Mohon izin utk menanyakan kembali beberapa hal berdasarkan tanggapan dari bpk di email sebelumnya.

1. Apa beban biaya terbesar yg memberatkan kinerja Perseroan, namun tidak bisa di hindarkan demi menunjang pertumbuhan pendapatan? Apa strategi Perseroan utk mengatasi hal ini? Jika di lihat secara singkat di laporan Q3 (isolated), sesungguhnya Perseroan mencetak rugi operasional +/- 6,5 miliar.
Iklan dan promosi merupakan biaya terbesar perseroan yang tidak bisa dihindarkan.

2. Apakah Perseroan punya target tertentu utk pendapatan dan laba yg ingin di capai utk FY2016, menimbang kinerja Q3 yg kurang berpihak?
Target selalu ada, namun perlu disesuaikan dengan kondisi ekonomi.

3. Berapakah kontribusi cap kaki 3 terhadap total pendapatan Perseroan? Apakah porsi kontribusi ini akan bergeser utk 1-2 tahun kedepan?
Kontribusi cap kaki tiga kemungkinan akan sedikit bergeser dengan bertambahnya produk-produk baru perseroan.

4. Mengenai pergeseran kepada produk yg lebih murah, bisakah bpk memberikan contoh yg dimaksud adalah kompetitor mana, produk apa dan di segment mana?
Kebanyakan tidak memiliki merek dengan harga lebih murah.

5. Ada hal positif yg bisa kita harapkan di tahun 2017 mendatang?
Tax amnesty sudah berakhir sehingga para pelaku ekonomi akan lebih fokus kepada bisnis dan perekonomian diharapkan semakin membaik dengan program infrastruktur pemerintah yang sudah mulai berjalan.

6. Apa pula tantangan terbesar Perseroan memasuki tahun 2017?
Ada ketidakpastian terhadap peningkatan ekonomi tahun 2017.

Nanti akan kami kirimkan annual reportnya. Thanks.