Performa AL+ EF Nov 2016 (+1.65% MoM)

chart-nopSenin, 17 Nopember 2016 merupakan sebuah milestone penting dalam sejarah investasi saya. Pada hari tersebut, AL+ Equity Fund (EF) secara official di luncurkan.

Bulan yang sangat ideal untuk mulai berinvestasi. Bukan karena IHSG sudah koreksi lebih dari 5% atau saham-saham Bluechips lagi murah-murah, namun karena jika kita tidak mulai, investasi tidak terjadi. Sehari kita menunda, sehari pula investasi kita tertunda untuk dimulai.

Tidak jarang kita mendengar “investor baru” melontarkan pertanyaan sejenis, kapan adalah waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi? Jawaban saya selalu: SEKARANG!

Ada bedanya berinvestasi dan bertransaksi. Berinvestasi itu lebih ke simbolic dan merupakan sebuah komitment mental, kemauan kita menyisihkan sebagian uang untuk ditanamkan ke instrument investasi. Sedangkan bertransaksi adalah aksi melakukan perdagangan atas investasi tersebut.

Toh, jika kita sudah berkomitment untuk menanamkan uang kedalam instrument investasi seperti saham, maka kita akan mengalokasikan dana ke dalam akun investasi di sekuritas yang ditunjuk. Setelah itu kita bisa mulai mengenal, memilih, menganalisa, mengvaluasi dan terakhir baru bertransaksi sesuai strategi investasi dan management portofolio yang sudah kita susun dan terapkan.

Tidak di pungkiri bahwa bulan Nopember menawarkan peluang yang baik untuk mulai bertransaksi. Sepanjang bulan Nopember, IHSG sudah turun lebih dari 5% dan banyak saham-saham berfundamental kuat jatuh terseret olehnya (atau sebaliknya saham-saham ini yang menyeret IHSG turun lebih dari 5%), either way, peluang untuk berbelanja terlihat sangat bagus.

Dalam waktu +/- 2 minggu saja, saya sudah memanfaatkan 85% dana di akun investasi untuk berbelanja hingga 7 saham untuk mengisi porto saya yang awalnya kosong.

Berikut adalah porto AL+ EF per 30 Nop 2016:

porto-nop

Semua saham yang ada di atas sudah tidak asing lagi, merupakan saham repeating yang selama ini sudah saya invest atau pernah invest.

Jika di porto saya pribadi saja saya sudah membelinya dengan modal yang lebih tinggi dan sudah melakukan valuasi pada saat itu dan dinilai murah, nah bukankah dengan harga yang lebih murah yang ditawarkan beberapa saham atas di harga kini menjadi lebih layak saya koleksi? Well, that’s what I’ve done.

Anyway, sekian untuk article ini, saya masih berfikir mungkin saya hanya akan ulas porto AL+ EF setiap tiga bulan sekali saja, supaya tidak terlalu menyita waktu, dan juga mungkin akan lebih banyak hal yang bisa saya tulis dan sampaikan nanti.

Salam Berinvestasi!

Alianto Chan