Portfolio bulan Oktober 2017

Kode Emiten, Harga Rata-Rata, Harga Penutupan 31/10/17, % Bobot Porto dan % Untung/Rugi

Hawdy teman-teman saham…..,

Bulan Oktober datang telat lagi nih, kalo bukan karena sudah mau masuk akhir bulan Nopember dan nanti jadi tunggak 2 bulan, mungkin sampai sekarang belum saya update-update porto hehehe…

Karena telat capture screen pada penutupan 31 Oktober 2017, jadi terpaksa ambil dari PDF yang sekuritas kirim via email. Jadi data yang disajikan terlihat sedikit beda dari format yang biasa saya post, dan sebagian pula harus saya input manual karena tidak ada.

Well,,,, secara overall tidak banyak berubah antara September dan Oktober, semua emiten di porto masih dalam posisi minus kecuali JSMR.

Secara MoM, Porto di bulan Oktober sedikit membaik, naik 3,37% dibanding September namun secara YTD masih dalam posisi rugi 16,60%.

IHSG, the super index, tidak ada capenya. Masih terus mencetak MoM positif, naik 1,78% dibanding bulan sebelumnya dan di tahun 2017 sudah naik 13,39%…. Superb bangat ya….!!!

Mirip bulan September, di Oktober saya juga tidak banyak melakukan kegiatan investing baik itu membaca buku, berkicau di medsos/grup WA, analisa saham ataupun mengecek pergerakan market. Teknik investing saya mulai membosankan dan saham-saham di porto saya pun terlihat cukup membosankan hahahaha!!!

Tapi itulah beauty nya. Jika beberapa tahun lalu saya akan cukup beremosi dan sangat memaksa untuk memperlihatkan hasil secara waktu singkat, kini dengan bertambahnya usia dan pengelaman, saya menjadi lebih sabar dan cuek terhadap banyak drama serta sentimen pasar yang datang dan pergi.

Apakah ini cara yang benar dalam investing? Maybe yes and maybe no! Semua tergantung personalitas individu masing-masing. Yang penting kita selalu merasa nyaman baik disaat untung maupun rugi, dan ini benar-benar tidak gampang, mencermin pada masa lalu.

Saat ini selain kesibukan kerja, saya lagi aktif berurusan politik di warga komplek, menjadi panitia pemilihan ketua RW. Hehehe…. yang namanya berurusan dengan keluarga banyak kadang pusing juga, perselisihan antar warga/pengurus/panitia selalu ada, namun ini semua adalah pengalaman yang bagus dan berharga.

Kadang niat baik belum tentu diterima, niat kerja belum tentu dikasih jalan, niat tertib belum tentu disukai, full of drama. Yang pasti, jika kita kerja dengan sungguh-sungguh pasti ada hikmahnya, paling tidak bisa melatih kita menjadi makhluk sosial yang lebih baik. Sama dalam hal investasi, jika ditekunin, pasti ada hasilnya. Percayalah!

Untuk bulan Oktober saya tidak memiliki banyak cerita saham yang bisa disharing, jadi saya stop disini dulu saja. Nanti jika ada inspirasi baru akan kembali saya abadikan dalam article ­čÖé

Sorry jika saya belum sempat membedah laporan kinerja Q3. Sekilas sepertinya cukup okay atau tidak terlalu jelek-jelek amet dah. Nanti saya coba cari waktu bikin ringkasan singkat setiap emiten di porto.

Sampai disini dulu untuk Portfolio Monthly Report October!

Salam long term investment,

Alianto Chan

Tags

Author: aliantochan

I’m just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it’s a way of life.

The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person.

Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same.

Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

5 thoughts on “Portfolio bulan Oktober 2017”

  1. Smga blum kehabisan tenaga untuk mengupdate porto Bro. Walaupun blum mengakui secara de facto, namun tanda-tandanya sudah kelihatan kalo Bro tereduksi semangatnya liat porto membara. Gak beda jauh dgn sy kok, hehehehehe………. Semangat yg masih ada adalah harapan dlm jangka panjang pada saham yg sudah dipilih, dibeli, dan disimpan. Tetap “jia you” Bro tuk mengulas saham walau dlm situasi apapun. Porto membara adalah Anugrah juga krn kita bisa meresakan hal-hal yg tidak mengenakkan.

  2. Yang menyulitkan dirimu… ya diri kamu sendiri.
    Tidak ada yang mewajibkan mas membuat laporan porto ke pembaca tapi mas lakukan sendiri… akhirnya dibuat2… sekarang sudah masuk Desember, seharusnya porto sampai akhir November yg diperlihatkan..

    Lebih baik bertindak lebih luwes… kalau mau tetap ngasi laporan ya … laporan per 6 bulan atau tahunan saja…. kayak blog lain, jadi saat proses dan portonya masih merah pembaca tidak dibuat berkerut keningnya… krn yg namanya saham… 1-3 bulan itu terkadang krn gejolak pasar saja…. bkn nilai harga saham sebenarnya….

  3. FWIW, it will be wise NOT to waste a crisis (no matter how bad it may seem).
    “Human being’s breakthroughs are mostly through diversity.”
    Note: I am speaking from experience of diversity.

Leave a Reply

Your email address will not be published.