Portfolio bulan April 2017

Akhirnya, setelah 3 bulan berjalan di tempat dengan pertumbuhan almost 0% (nol persen), di bulan April ini kinerja porto saya mulai terlihat juah membaik, dan sudah makin mendekati pencapaian IHSG selama 4 bulan terakhir, Yey…, finally catching up.

Di penutupan bulan April 2017, porto saya berhasil meningkat +5,87% MoM dan +6,41% YTD, dibanding kenaikan index yaitu +2,1% MoM dan +7,34% YTD (andai saja market tutup bulan di hari kemarin bukan hari ini, hehe…).

Sebetulnya saya sudah berkali-kali mengingatkan tentang butuhnya kesabaran dan kesetiaan kita dalam berinvestasi saham, namun godaan selalu datang. Jika SMSM saya hold bukan jual rugi di 975, TBIG hold bukan jual rugi di 4980, terlepas dari alasan apapun yang bukan merupakan alasan fundamental, porto saya sudah lebih cepat bertumbuh saat ini.

Kita investor retail emang suka mengulang-ulang kesalahan yang sama (pikun) dalam berinvestasi, hanya setelah semua menjadi kenyataan baru kita sadar lalu nyesal. Tentunya ini juga membawa kita ke pemikiran berikut tentang saham yang di keep koq tidak naik-naik seperti LPCK, MPPA dan LPPF dalam kasus saya, sedangkan yang sudah di jual mala terbang semua? Sial atau apa ya?

Jawabannya bisa karena 2 hal:

1. Karena emang sisa saham yang di keep “kebetulan saja” adalah sisa saham yang jelek makanya tidak naik. Toh, jika kita beli 10 saham, kemungkinan 10 saham tersebut adalah saham super adalah sangat kecil, namun jika 7-3 atau 6-4 nah itu masih sangat wajar.

2. Waktunya belum tiba untuk naik, musti tetap sabar lagi…!

Untuk meng-validasi apakah sisa saham di porto adalah saham jelek, well, tinggal ingat-ingat kembali, MENGAPA dulu membeli saham tersebut? Jika alasan dan kondisi saham tersebut hingga kini tidak berubah, berarti penilaian kita harusnya sama, artinya saham tersebut bukanlah jelek dari sisi analisa kita.

Jadi apa yang berubah? harga sahamnya! Dan emosi kita cenderung bergerak searah dengan harga saham. Jika naik kita benar, turun kita salah. Padahal saham selalu naik dan turun terlepas dari sebagus/sejelek apapun fundamentalnya secara jangka pendek.

Jika kita ingin tekunin investasi jangka panjang, kita benar-benar harus membuang pemikiran jangka pendek seperti itu. Karena beranggapan bahwa kita benar/salah dari segi harga akan membuat kita bermain dengan emosi. Seperti di buku yang saya ringkas kemarin, salah 1 ciri-ciri WB adalah tidak emosional saat dalam kondisi market seperti apapun. Jadi kita yang ingin berinvestasi jangka panjang, patut belajar dari WB.

Anyway, lanjut cerita tentang porto saya!

Di bulan April saya hanya melakukan 1 transaksi saja, yaitu membeli tambahan porsi 16% ke MPPA di harga 930. Tentunya akan banyak lagi yang bertanya, lahhhh saham jelek napa di beli? Logikanya begini, dulu di Mei 2016, MPPA mencetak rugi besar dari hasil Q1-16 yaitu laba minus 123M.

Setelah menghitung dan menganalisa saya beli di harga 1.335 dan akhirnya harga saham MPPA naik tinggi dan berhasil TP sebagian di 2030. Terus kini kinerjanya walaupun tidak bisa dibilang memuaskan, tapi sudah lebih baik dibandingkan saat itu, dan harga sahamnya di jual di harga 900an??? Do you see? jika harga saham MPPA saat ini masih berada di 2000, apakah kita akan memandangnya jelek? <– Again, konsep harga naik saya benar, harga turun saya salah lagi bermain! 

Jadi apa yang harus saya lakukan saat ini? Saya akan menanti kinerja tahun 2017, jika benar bisa jauh membaik, berarti ya MPPA masih layak saya invest, namun jika kinerjanya memburuk setelah 2 tahun management mencoba mutar arah, berarti management gagal atau kurang serius untuk membenahinya berarti sudah tidak ada alasan mengapa mau mempertahankan MPPA, saatnya untuk jual.

Well, that’s it for April! Semoga bulan Mei nanti bukan bulan Mitos karena porto saya baru saja terlihat hasil yang membaik, masa iya harus turun lagi?

Salam Longterm Investment,

Alianto Chan

Tags

Author: aliantochan

I’m just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it’s a way of life.

The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person.

Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same.

Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

13 thoughts on “Portfolio bulan April 2017”

    1. Tuh dah naik pak dua2nya ga perlu bgs lg x ya? Hahaha….

      Anyway, dua2nya kebetulan sy ms lagi tunggu konfirmasi dr corsec mengenai bbrpa hal.

      Jsmr q1 kan superb, namun sayang 184m laba ga gitu jelas, itu yg ms sy pertanyakan, namun terlepas dr itu, jsmr ga ada yg butuh di bhs. Laba akan cenderung teruseningkat dan kinerja superb.

      Namun di sisi lain, kinerja lpck walaupun ms tumbuh negatif banding periode yg sama thn lalu, penurunan ms ok jika bercermin kpd shm lain di sektornya.

      Trus bbrpa hr lalu tiba2 berita bsr muncul, MEIKARTA yg di tunggu2 sejak setahun lalu pasca ttd mou 4pihak ga kunjung ada berita, akhirnya bergulir.

      Tapi hari esoknya yg janggal adalah brosur promo penjualannya yg sy terima. Rupanya MEIKARTA itu ya sama dgn OC di lokasi dan tanah yg sama haha… Bukanlah seperti yg kita bayangkan di press release itu dmn disebut mencakup wilayah terbentang dr koridor timur hingga bandung.

      Sy blm dpt balasan dr corsec namun sy sudah tanyakan kpd marketing inhouse lpck prihal MEIKARTA yg akan launching bln ini. Sangat shocking, sekaligus mrk pasarkan 200 tower dgn harga mulai 400jtan luas terkecil 39m2++, lokasi persis di seberang apartment OC/lippo mal yg akan di bangun, namun ini via kontraktor china. Penjualan akan berlangsung 18hr klo ga salah dgn target per hari bs jual 3000-5000 unit, jika berhasil wow gila, namun saya blm begitu optimis, kita lihat saja nnti.

      Tapi, gmn pun sy ttp optimis dgn rencana jangka panjang lpck, skrg kita ada 2 mega proyek (dlm 1 lokasi) yg akan dikembangkan yaitu MEIKARTA dan ORANGE COUNTY, dmn 2 proyek ini sy kira secara tot akan menelan investasi 250T hingga 370T bkn terpisah, dan akan berlangsung slama 20thn dr sekarang. Ikutin saja pak ceritanya, yg pst aktivitas dah mulai, tdk sekedar ngomong saja, dan bbrpa riset juga sudah menunjukan bahwa sektor property dah mulai bergerak, so stay tuned dan keep holding aj.

      Sekian yg sy tau sementara.

    2. @pak rahmat tambahan info secara bertelponan sama IR lippo. Sdh terkonfirmasi kalau LPCK adalah 100% proyek LPCK yg di bangun oleh pihak china. MEIKARTA adalah pergeseran konsep yg awalnya OC namun krna market blm cukup utk angkap penjualan OC yg lbh premium dan merupakah CBDnya MEIKARTA nnti, akhirnya mrk luncurkan proyek MEIKARTA ini.

      MEIKARTA bukan Indo-Shenzhen, itu proyek yg berbeda lagi mou dgn pihak china yg berbeda pula dan fokusnya ke industrial dan hingga kini blm ada progress.

      Jadi ya marketing sales akan 100% masuk ke LPCK dan diakui sebagai pendapatan secara bertahap sesuai dgn progress pembangunan.

      Trus masalah harga jual MEIKARTA yg mulai dr 7jtaan/m2 hingga 12,8jtan/m2, walaupun jauh murah dr OC, IR menilai wajar krna lokasinya beda, OC di cbd jd emang lbh premium, dan apakah dgn harga apartment semurah itu perusahaan bisa untung? IR blng ini pembangunan adalah secara skala besar dan serentak, sehingga cost akan lbh efisien walaupun untungnya ga sebagus OC tp pasti untung.

      So far itu informasi MEIKARTA terkini yg sy dpt langsung dr IR lippo, smoga bermanfaat.

  1. Masalahnya tdk ada yg perlu di bahas pak, tinggal ikutin perkembangan cerita aj, kinerja ms tergolong ok klo tdk bs diblng bgs di dua2nya.

    Namun kita simak saja ekspansi mrk. Moga2 kedepannya kinerja akan lbh cerah.

    Slmt hr minggu!

  2. MPPA average di bulan november 2016 1622, skrg turun 1146, emg average down di berapa pak? turunnya bisa jauh banget, trus jauh banget ya harga average bpk di 1622

    1. Itu ga murni pak, avg sesungguhnya ada di 13xx, krna ada switch akun sehingga terpaksa jual dan beli lg. Seperti yg sy ulas disini
      http://www.longterm-investment.com/2017/03/jangan-ke-tipu-porto-bisa-di-percantik/

      Iya mppa dan lpck paling dalam pak hahaha… 🙁 Namun gpplah, itulah pentingnya sebuah porto yg solid, sehingga ga di rasak oleh 1-2 shm yg performa jatuh dlm.

      Bulan ini untung tersubsidi oleh ptpp dan kbli. Awal bln malah +6%++ overall krna rata2 shm sy naik, namun dlm bbrpa hr terakhir ini aj bgitu ihsg muter arah, semua keuntungan habis ke hapus dlm kedipan mata haha!

      Gmn nasib anda pak, pegang shm apa saat ini?

  3. penutupan bulan april 2017, MOM : +3,16 % , YTD : 6,36 % . Sampai 19 Mei 2017 kemaren malah mbledos kembali , haiiissss, padahal udah dibantu naiknya peringkat S&P.

    1. Hahaha sy awal bulan mei naik tinggi mom dah sampai 6%an, namun jelang bbrpa hr saja ihsg merah pekan kmrn uda balik 0%, namun bgitu berita peringkat s&p keluar, dah naik 3%an lagi pak. Shortterm akan slalu fluktuatif, namun disaat menuju kenaikan gini sy juga ikut turunin marjin smoga bs kembali ke zero margin, stlh itu uda biarin saja, biar market yg menentukan saja mau kmn.

    1. Untuk saat ini saya percaya 7000-7500 adalah harga wajar jasamarga pak. Namun angka tersebut akan berubah seiring keluarnya kinerja setiap Q, saya optimis kinerja jasamarga tetap akan bagus kedepannya.

  4. Saya juga optimis pak, mlh menurut saya harga saham ini bisa 8000an.
    Semoga aja optimisme kita terwujud, btw untuk artikel portofolio bulan Mei kok blm dipublish pak?
    Saya senang loh baca” tulisan pak Aliantochan hhee

    1. Klo sanggup hold slamanya ya pak haha… Susah sabar klo lihat saham naik trus ya, pengennya jual aj, pas saat loss, pasrah dan sabar menunggu.

      Mei kan blm habis pak, ms bbrpa hari loh wkakaka… Smoga bbrpa hr kedepan, porto lbh joss. Sementara hingga saat ini mei br untung 1-2% saja, menurun trus di banting lpck, lppf dan roti. Hadewww

Leave a Reply

Your email address will not be published.