Orbituari: AL+ EF tutup usia di bulan ke 5! (Updated: 10 April 2017)

Growth Chart IHSG vs AL+ (21 Nop 2016 – 10 Apr 2017)

Dalam kehidupan, sering muncul peristiwa-peristiwa yang di luar kendali kita. Sekalipun kita sudah mengtata hidup kita dengan baik, bisa saja peristiwa buruk datang dari eksternal (faktor luar) yang bisa mempengaruhi kita.

Setelah AL+ EF berjalan dengan cukup baik dan konsisten tumbuh selama kurang dari 5 bulan (21 Nov 16 hingga 07 Apr 17), telah tiba saatnya ajal menghampiri. Terpaksa pada hari ini AL+ di tutup demi alasan personal.

Salah satu teman baik kami sedang mengalami masalah dan membutuhkan uang yang cukup besar, beberapa kali lebih besar dari nilai porto ini. Keputusan harus di ambil dengan singkat dan tegas, dan akhirnya setelah berdiskusi tadi malam, kami (saya bersama 3 investor lainnya) memutuskan untuk menjual porto AL+ EF.

Kami sepakat untuk mengjual hasil investasi porto ini di tambah dengan sedikit uang tambahan pribadi untuk memberikan bantuan pinjaman kepada teman kami yang sedang menghadapi tantangan.

Walaupun cukup sedih terutama saya, karena FUND ini sudah saya asuh dengan baik dan penuh tanggung jawab, namun belum memiliki cukup waktu untuk melihatnya bertumbuh menjadi SUPER FUND yang di harapkan secara jangka panjang. Namun tetap patut disyukuri, karena paling tidak kami sudah bisa memberikan bantuan.

Ini adalah setback (kemunduran sesaat) dalam passive career (pekerjaan pasif) saya untuk sementara waktu. Saya yakin kemajuan dan berkah di masa depan masih banyak yang bisa di peroleh jika tindakan kita sudah benar dan bisa bertanggung jawab. Ini juga mengapa kejujuran dan integritas itu sangat amat penting demi masa depan yang cerah bagi kita semua.

Saya yakin jika saya sudah bisa melakukannya saat ini, yaitu mengendalikan sebuah porto saham yang baik, kedepannya PASTI ada kesempatan-kesempatan baru yang akan datang ke saya untuk melakukan hal yang sama demi keberhasilan yang lebih luas lagi.

Walaupun saya masih berharap satu saat nanti jika uang ini sudah bisa di kembalikan, saya bisa kembali mengembangkan porto the next AL+, namun biarlah waktu yang membawa langkah saya, tetap bersyukur atas apa adanya dan terus bekerja demi ACTIVE INCOME.

Jadi dengan berat hati, inilah riwayat singkat hidup AL+ EF dalam edisi Orbituari:

0. Pra-lahirnya AL+ FUND

1. Lahirnya AL+ FUND di 21 Nopember 2016

2. Performa AL+ bulan Nopember 2016 (tumbuh 1,65% MoM)

3. Performa AL+ bulan Desember 2016 (tumbuh 1,03% MoM)

4. Performa AL+ bulan Januari 2017 (tumbuh 3,48% MoM)

5. Performa AL+ bulan Februari 2017 (tumbuh 1,17% MoM)

6. Performa AL+ bulan Maret 2017 (tumbuh 1,15% MoM)

7. Penutupan usia AL+ FUND di 07 April 2017 (tumbuh: 1,55% MoM, 7,52% YTD, dan 11,61% sejak Inception)

8. Penjualan terakhir AL+ FUND di 10 April 2017 (tumbuh: 2,08% MoM, 8,09% YTD, dan 12,20% sejak Inception)

Berikut adalah run-down performa AL+ sejak di mulai dari 21 Nopember 2016 (Inception date) hingga tutup usia hari ini, tanggal 07 April 2017!

PERFORMA BULANAN AL+ & IHSG

Sebetulnya hingga hari ini masih tersisa MIDI yang tidak terjual, karena tidak ada yang minat di harga atas dan celakanya dibawah turun ke 765 (-15,93%) di penutupan, itupun lot bid sedikit sekali dan tidak mungkin untuk bisa dijual secara full. Alhasil yang tadinya porto AL+ tumbuh diatas 13% di sesi 1, terpaksa menerima hasil penutupan usia dengan growth 11,61% saja (MIDI masih dalam porto).

Added 10 Apr 2017: Akhirnya MIDI terjual di 810, walaupun bukan harga ideal yang saya inginkan, namun minimal adalah cuan 9,5% sejak dibeli.

TRANSAKSI JUAL PORTO AL+ SEJAK DI MULAI

Terlampir adalah semua transaksi jual saya sejak inception hingga hari ini.

Saya hanya melakukan transaksi beli, jarang sekali menjual di porto ini. Terdapat hanya 2 transaksi jual yaitu di bulan Februari dan Maret, sedangkan sisanya adalah transaksi jual yang terjadi di hari ini karena FUND ini di tutup.

Inilah petualangan AL+ EF yang cukup singkat, hanya menempuh perjuangan hidup kurang dari 5 bulan, namun penuh dengan excitement, fun dan kebanggaan.

Ibarat pribahasa yang kita sering dengar, mati satu tumbuh seribu! Semoga kemunduran sesaat ini akan membawa kemajuan yang lebih luas kedepan!

Beberapa pelajaran yang bisa di petik dari pengalaman saya dalam mengelola fund AL+ ini:

  1. Jangan terlalu serius dan galau jika terdapat beberapa posisi dalam porto yang sedang FLOATING LOSS, karena sesungguhnya kita tidak bisa berharap setiap saham yang kita beli, PASTI NAIK.
  2. Jika porto di kelola dengan baik, FLOATING PROFIT akan selalu bisa OFFSET FLOATING LOSS, diversifkasi yang layak adalah kuncinya.
  3. Bersabarlah, karena hanya lewat sitting on your positions (not trading your positions), porto kita baru akan bertumbuh seiring waktu.
  4. Penting untuk mempertimbangkan komposisi besarnya saham non-liquid sehingga pada saat terpaksa jual, kita bisa lolos.
  5. Turunkan ekspektasi kita sehingga secara psikologis investasi kita bisa berjalan dengan santai dan nyaman.
  6. Perlakukanlah porto kita sendiri seperti kita lagi kelola porto client kita sehingga risk management selalu menjadi prioritas utama.

Semoga beberapa pelajaran di atas bermanfaat bagi anda, dari pengalaman pribadi saya dalam pengelolaan porto ini.

Sekian saya kira untuk laporan kinerja AL+ EF yang akan saya tulis terakhir kalinya. Selanjutnya saya akan kembali berfokus di porto pribadi saya lagi. Sampai ketemu di akhir bulan nanti di portfolio monthly report.

Saya, Alianto Chan, bertindak sebagai private fund manager AL+ Equity Fundsigning off tugas dan tanggung jawab atas pengelolaan dana investasi ini!

Sincerely yours,

Alianto Chan
Tangerang, 10 April 2017, Jam 22:45

Tags

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

7 thoughts on “Orbituari: AL+ EF tutup usia di bulan ke 5! (Updated: 10 April 2017)”

  1. Yth.Pak Alianto
    Saya telah banyak membaca blog anda dari awal sampai akhir dan sangat terbantu dengan bertambahnya ilmu. Terima kasih telah mau berbagi ilmu. Saya pemula sedang belajar menganalisa laporan keuangan
    Yang saya mau tanyakan. Di beberapa laporan keuangan Net Sales (laporan laba rugi) lebih kecil disbanding dengan penerimaan dari pelanggan (laporan arus kas). Contohnya laporan SMSM 2016

    Net Sales (laporan laba rugi) Rp. 2,879,876 < 3,042,662 penerimaan dari pelanggan (laporan arus kas).

    Yang saya tanyakan. Apa hubungan antara Net sales dan penerimaan dari pelanggan. Item apa saja yang termasuk “penerimaan dari pelanggan” ?

    1. Hi pak ivan,

      Terima kasih sudah berkunjung dan glad bahwa article2 sy bs membantu bpk.

      Mengenai uang terima dr pelanggan sebetulnya cukup gampang. Banyak hal dlm akunting sebetulnya tdk terlalu rumit pak, hanya butuh kita memikirnya secara logika dan juga byk situs diluar sana yg bs membantu terutama, INVESTOPEDIA, disitu semua istilah akunting dan investing bisa kita cari.

      Menjawab pertanyaa anda, mengapa pendapatan dan arus kas penerimaan dr pelanggan bs beda?

      Ingat laporan laba rugi itu hanya mencatat semua TRANSAKSI yg berlangsung pada periode tersebut, sedangkan arus kas mencatat KAS MASUK/KELUAR pada periode tersebut.

      Pendapatan di laporan laba rugi bisa dalam bentu tunai (akan di catat di arus kas) atau dlm bentuk piutang (catat dlm neraca).

      Sedangkan penerimaan dr pelanggan dlm arus kas operasi bisa dlm bentuk pembayaran dr pelanggang baik itu dr penjualan periode ini ataupun, pembayaran piutang pelanggan yg sblmnya beli namun utang ke perusahaan dan kini br melakukan pembayaran ke perusahaan.

      Semoga menjawab.

  2. Halo Pak Alianto,

    Sudah beberapa kali saya mengikuti website Pak Al sebagai salah satu web untuk referensi belajar saham.
    Dan saya baru menyadari bahwa Pak Al menuliskan lokasi Pak Al yang berada di Tangerang dalam post ini.
    Sebelumnya, perkenalkan saya Kefas. Sudah masuk ke dunia saham sejak 3 tahun lalu. Dalam saham, saya juga mengutamakan FA sebagai pedoman berinvestasi.
    Kebetulan, Saya juga tinggal di Tangerang. Dan jika diperbolehkan, saya ingin mengajak untuk bertemu Pak Al jika Pak Al ada waktu kosong untuk saya belajar dan bertukar pikiran tentang saham. Yang pasti saya tidak akan menawarkan apapun (no bisnis, mlm, asuransi, dll) 😀
    Saya tinggalkan email saya di sini: evander.kefas@gmail.com. Jika berkenan, Pak Al boleh email saya.

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.