6 Prinsip Moral seorang investor pemenang!

perfectionDalam article kali ini saya ingin membawa anda refreshing sejenak jauh dari laporan keuangan dimana angka dan chart selama ini menjadi fokus utama blog ini.

Semoga article ini bisa menjadi pedoman, penyemangat sekaligus self-support bagi anda yang memerlukan bantuan penerangan dalam sisi mental sehingga bisa menjadi seorang investor pemenang yang abadi.

Saya sendiri sangat percaya atas keajiaban 6 prinsip ini, dimana jika dilakukan dengan penuh kesadaran, maka akan membawa kita ke tahap ketenangan (calmness)  dan kenyamanan (peacefullness) yang tinggi, membantu mengendalikan emosi dalam berinvestasi.

6 Prinsip Moral ini saya kutib dari 6 article di situs Saham Indonesia dengan judul “6 Perfections“, yang ditulis oleh admin grup dan sering saya share kembali di grup WA dengan tujuan mengingatkan kembali kepada semua member. Sangat bagus tulisannya. Terima kasih admin SI.

Jadi untuk article ini saya hanya akan mengulas sedikit tentang setiap prinsip, terus akan memberikan link original dibawahnya untuk bisa anda baca secara komplit dari sumbernya langsung. Semoga bermanfaat!

Are you ready to be imparted with these 6 moral principles? Lets get started!

Prinsip Moral 1: Kecukupan

Ini adalah fondasi terpenting dari setiap sifat manusia yang ada. Tanpa rasa cukup, kita akan sulit tumbuh dan berkembang. Merasa cukup tidak ada hubungannya dengan jumlah angka di rekening tabungan atau seberapa banyak jumlah barang materi yang kita miliki.

Maksud dari Kecukupan lebih arah ke filosofi “cara pandang” kita terhadap apa yang sudah kita miliki dan apa yang belum. Sifat serakah terhadap apa yang belum dimiliki dan sifat takut kehilangan atas apa yang sudah dimiliki adalah musuh utama dari Kecukupan.

Kecukupan itu tidak semata-mata hanya dalam arti barang berwujud saja, namun juga yang tidak berwujud seperti: cinta, waktu, bantuan, ketaga dll.

Bagaimana caranya kita menerapkan Prinsip Kecukupan? silahkan di baca langsung dari sumbernya di 6 Perfection: Part 1

Prinsip Moral 2: Disiplin

Disipin itu adalah mentaati aturan yang telah di tentukan. Baik kita sebagai seorang trader ataupun longterm investor, selalu akan ada aturan-aturan yang harus kita jalankan supaya bisa berhasil.

Banyak contoh tentang kedisiplinan. Misalnya membaca untuk meningkatkan kapasitas. Hidup sehat supaya bisa menikmati hasil investasi. Tekun menerapkan ilmu yang kita baca. Semua ini akan turut menyumbang terhadap keberhasilan kita jika kita bisa disiplin melakukannya.

Bagaimana caranya kita menerapkan Prinsip Kedisiplinan? silahkan di baca langsung dari sumbernya di 6 Perfection: Part 2.

Prinsip Moral 3: Kerja keras

Tanya ke 100 orang: siapa yang ingin sukses? Dan 100 orang pun berteriak “SAYA”. Mengucap itu gampang, melakukan itu yang susah.

Kira-kira sisa berapa dari 100 orang diatas yang akan menjawab “SAYA” jika disusul dengan pertanyaan: siapa ingin sukses dengan kerja keras yang penuh tantangan dan melelahkan?

Sebagian dari kita mungkin akan memilih menempuh jalur singkat karena tidak ingin cape, namun tetap berharap bisa mencapai kesuksesan yang sama.

Bagaimana caranya kita menerapkan Prinsip Kerja Keras? silahkan di baca langsung dari sumbernya di 6 Perfection: Part 3.

Prinsip Moral 4: Kesabaran

Semua orang tau dibutuhkan kesabaran untuk bisa berhasil, tapi mengapa masih saja gagal? Benar tidak ya?

Pertanyaan pentingnya, berapa lama harus menunggu? Tidak ada yang tau pasti. Tapi yang pasti dibutuhkan hati yang Bercukupan, Disiplin, dan Kerja keras untuk mencapai tujuan.

Jika masih tidak berhasil? Maka Prinsip Moral ke 5 yang akan menjawabnya. Namun sebelum kita masuk ke nomor 5, dibutuhkan Kesabaran untuk membaca secara step by step dari nomor 4 dulu baru ke nomor 5 nanti. Inilah arti sesungguhnya dari Prinsip Moral: Kesabaran!

Bagaimana caranya kita menerapkan Prinsip Kesabaran? silahkan di baca langsung dari sumbernya di 6 Perfection: Part 4.

Prinsip Moral 5: Latihan

Apakah ada orang yang terlahir lansung menjadi seorang jagoan? Rasanya tidak ada. Semua terlahir sama. Kemudian, apa yang membedakan satu sama lain dalam perkembangannya?

Jawabannya cuman 1. Melakukan satu hal terus menerus setiap hari sampai menjadi kebiasaan. Tidak ada cara lain untuk menguasai 1 bidang tanpa latihan.

Bagaimana caranya kita menerapkan Prinsip Latihan? silahkan di baca langsung dari sumbernya di 6 Perfection: Part 5.

Prinsip Moral 6: Akal sehat

Ini adalah sifat terakhir. Manusia tanpa Akal sehat cenderung akan menggunakan emosinya dalam bertindak. Dan emosi adalah salah 1 sifat yang merugikan dalam investasi, namun emosi juga merupakan salah satu sifat alami manusia.

Ketika saham kita naik, kita cenderung merasa paling jago sehingga bisa menaklukkan dunia. Ketika saham kita turun, kita akan merasa dunia serba salah, ditambah liputan media, maka seakan-akan kiamat sudah hampir tiba.

Reaksi yang normal karena pada dasarnya manusia suka berlebihan. Kita jarang bisa obyektif menilai sesuatu. Padahal dalam kehidupan, termasuk juga dunia saham, selalu akan ada up dan down.

Bagaimana caranya kita menerapkan Prinsip Akal sehat? silahkan di baca langsung dari sumbernya di 6 Perfection: Part 6.

Dengan 6 Prinsip Moral ini saya berharap kita semua bisa mendapatkan penerangan dalam ilmu mental untuk menghadapi bursa saham yang penuh tantangan. Lebih bagus lagi, jika 6 prinsip ini juga bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga bisa membawa kegembiraan dan kebahagian dalam hidup kita dan keluarga.

Tidak ada unsur keagamaan yang dimaksud dalam article ini murni keinginan untuk berbagi dan membuat dunia ini lebih indah bagi kita semua.

Sekian untuk tulisan / copas kali ini 🙂

Selamat berinvestasi!

Tags

Author: aliantochan

I’m just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it’s a way of life.

The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person.

Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same.

Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

Leave a Reply

Your email address will not be published.