Panic selling, what should I do???

Panic momentBagi seorang investor retail seperti saya, saat ini mungkin berada dalam tekanan tinggi. Lupakan berita-berita lain yg anda pernah dengar sebelumnya, kini yg sedang trending adalah berita “Brexit” singkatan dari British Exit, yaitu keluarnya Inggris dari Zona Eropa. Apa dampaknya, dan apa artinya jika Brexit terjadi? DON’T ASK ME! I DON’T KNOW AND I DON’T CARE!!!! Disini anda tidak akan menemukan jawabannya, karena saya tidak tau dan juga tidak peduli.

Apa yg saya peduli adalah kemana akan saya bawa porto saya kedepannya utk 5 tahun hingga 20 tahun kedepan. Disaat IHSG naik tinggi, dalam hati kecil saya kadang membisik dan bertanya “sayang kemarin pas saham xxxx lagi murah saya koq ga beli, liat sekarang dah naik 20%an, coba bisa beli di harga kemarin ya?”. Saya yakin hal yg serupa juga terjadi pada diri anda.

Jika anda sudah cimplung ke dunia saham beberapa tahun terakhir, mungkin anda juga masih ingat sejak 2013, banyak sekali berita-berita negatif yg tidak hentinya menyerang bursa saham. Mulai dari wacana FED menaikan suku bunga, lalu defaultnya admistrasi pemerintahan Obama, lalu perang Korea, perang Rusia, perang terorisme, pelemahan GDP China, kebankrutan Yunani, Devaluasi China Yuan, dan seterusnya. Ordernya mungkin salah, tapi intinya semua berita atas pada waktu kejadian terdengar sangat menakutkan dan anda juga pasti ingat apa yg terjadi dgn bursa saham pada waktu itu.

Tapi jika anda cermati lebih jauh, bukan kah pasca kejadian berita buruk tersebut, bursa secara perlahan kembali normal lagi? Saya ingat satu pepatah yg berbunyi, “SEMUA AKAN BERLALU“. Semua berita buruk yang anda dengar saat ini, nanti juga akan berlalu. Sama halnya dgn Brexit. Ini nanti juga akan berlalu, dan bursa pun akan balik normal sebelum di goyang kembali oleh berita negatif yg selanjutnya.

Menurut saya, kadang terlalu banyak tau juga bukan hal yang baik. Jika harus anda tau satu hal saja dalam investasi, carilah tau FUNDAMENTAL emiten yg anda invest. Anda tidak membeli index, tapi emiten. Emang cenderung saat index merah, kebanyakan emiten akan ikut merah, tapi saat index pulih, saham yg super akan pantul dan naik paling cepat. Jadi tugas anda adalah menemukan saham-saham yg super ini dan beli lah saat harganya super murah seperti saat-saat begini. Karena jika tidak ada berita negatif, akan sulit untuk bisa mendapatkan saham bagus di harga murah. Jadi sesungguhnya berita negatif seperti ini adalah peluang baik buat kita value investor. Manfaatin!

Kalau tanya saya, apa strategi yg layak diterapkan saat ini?

1. Biarkan porto anda tanpa harus berbuat apa-apa, apalagi tindakan yg bersifat emosional. Tapi sini saya juga berasumpsi bahwa anda adalah seorang value investor, sehingga apa yang sudah anda beli dan hold di porto adalah saham-saham yg sudah anda hitung valuasinya.

2. Cek kembali saham-saham di watchlist anda apakah sudah masuk buying range? Jika sudah, mulai nyicil, jika diskonnya besar, bisa beli dgn MM 2xnyicil, jika diskonnya kurang tapi yakin sudah cukup murah boleh nyicil dgn 3-4x supaya nanti jika dikasih diskon jauh murah, anda masih punya dana utk tambah.

3. Jika sudah beli, tunggu saham-saham anda utk membuahkan hasil dalam jangka panjang.

Yup, terdengar sangat sederhana dan setiap kita pun pasti bisa melakukannya? Secara theory iya, tapi secara praktek, tidak semudah itu. Saat ini anda pasti dalam tekanan baik karena porto yg merah, cash yg mungkin minim, maupun index yg merah hingga 1,5-2% dalam 1 hari. Akan banyak pertanyaan seperti layakkah beli sekarang dan tidak tunggu 2-3 hari lagi begitu index dah turun lebih jauh dan saham-saham sudah lebih murah dan aman baru mulai beli? Well, masalahnya kita tidak akan bisa tau kapan index akan pantul, lebih lagi kapan adalah harga bottom. Satu pepatah dari teman komunitas yg selalu saya ingat,

“SAHAM yg TEPAT pada akhirnya mengalahkan WAKTU yg TEMPAT!”

Biasakan diri menghadapi badai seperti ini, supaya anda lebih kuat menghadapi badai yg lebih besar lagi nantinya.

Selamat berinvestasi and hang in there, it soon will be over!

Tags

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

Leave a Reply

Your email address will not be published.