Cara cepat menghitung harga wajar saham courtesy of stockbit

Updated 08 September 2017!!!

Bagi yang ingin mendapatkan harga diskon langganan StockbitPro dan bayar secara cicilan per bulan tanpa dikenakan bunga, baca di sini!

Updated 09 Juli 2017!!!

Maaf, fitur valuasi sudah tidak tersedia secara gratis lagi sekarang, jika mau berlangganan, mungkin yang paling bisa dibantu adalah mendapatkan potongan diskon 5% dari harga normal stockbitPro dengan menggunakan kode kupon “ILTPROMO” di sini.

 

Logo stockbitOk sebelum saya memberitahu anda caranya, saya ingin sampaikan beberapa hal terlebih dahulu:

1. Analisa fundamental adalah kewajiban setiap investor yg ingin sukses. Jadi sebelum anda sampai ke tahap valuasi harga, harusnya anda sudah punya gambaran besar tentang kinerja emiten yg anda mau tau harga wajarnya.

2. Metode ini hanya menampilkan harga wajar utk eminten yg membukukan EPS positif.

3. Kembali ke fundamental lagi. Sebagai seorang investor anda tidak boleh lihat gambar secara sepotong-potong. Tidak bisa melihat kinerja satu triwulan bahkan satu tahun lalu menyimpulkan ini emiten yg layak anda invest, selalu liat minimal kinerja 3 hingga 5 tahun terakhir, atau 10 tahun akan lebih bagus lagi, karena cenderung satu industri dalam kurun waktu 10 tahun akan mengalami satu siklus penuh (umumnya), sehingga kita bisa tau saat industrinya lagi jaya, semampu apa emiten ini mencetak laba dan sebaliknya saat industrinya terpuruk, seberapa mampu pula emiten ini bertahan.

4. Valuasi yg disajikan adalah perhitungan berdasarkan akumulasi EPS dari 4 kuartal terbaru, sehingga membentuk satu tahun, dan ini yg kita sebut dgn EPS ttm, lalu dikalikan dgn PER rata-rata 3 tahun terakhir (MEAN PER). Jadi, valuasi ini hanya memberikan gambaran sekilas valuasi yang patut dihargai utk emiten tersebut pada satu titik periode tertentu yaitu saat ini, tanpa mempertimbangkan faktor fundamental lainnya.

5. Terima kasih atas free tool ini yg disajikan oleh stockbit.

Ok, sekarang anda sudah mengerti resikonya, ayo kita mulai, sangat sederhana, cuman butuh 5 detik saja utk bisa langsung tau harga wajar satu eminten di periode tertentu dgn bantuan stockbit tool ini.

Steps:

1. Visit situs ini https://www.stockbit.com/valuation

step1

2. Masukkan kode emiten yg anda ingin tau harga wajarnya ke column “Type the stock symbol …” Lalu akan muncul text emiten-emiten yg matching dgn emiten yg anda search, tinggal select emiten yg anda mau.

step2

3. Terakhir, klik tombol hijau “Value”, walahhhh,,, valuasi saham pun tertampil dibagian bawah!

step3

Note:

Jika anda cukup pro dan mengerti dgn arti-arti dari semua opsi yg bisa anda utak atik, silahkan dicoba saja. Tapi jika anda adalah sangat baru terhadap terminologi saham, anda cukup melakukan 3 steps yg saya sebut diatas tanpa harus utak atik apapun.

Jadi valuasi yg ditampilkan di atas itu adalah menggunakan EPS ttm dikalikan dgn PER rata-rate saham ROTI selama 3 tahun terakhir. Hasilnya, saat ini ROTI masih memiliki MOS (margin of safety) alias diskon terhadap harga wajar sebesar 36%.

Untuk bagian konsensus, saya tidak tau konsensus siapa yg dimaksud, sehingga anda boleh abaikan juga.

LAST REMINDER: harga wajar yang ditampilkan adalah MURNI berdasarkan 4xEPS terakhir lalu dikalikan dgn rata-rate PER 3 tahun terakhir, TANPA mempertimbangkan faktor lain.

Have fun, valuating!

Tags

Author: aliantochan

I'm just an anybody guy who shows strong interest in stock investing. Stock investing is more than just making money, it's a way of life. The way we approach stock investing will reflect the way we are as a person. Choose wisely how you want to invest as to how you would want to live your life. The fundamental principles are the same. Contentment, discipline, endevour, patience, practice and mindfulness are the very true principles of a better person!

4 thoughts on “Cara cepat menghitung harga wajar saham courtesy of stockbit”

Leave a Reply

Your email address will not be published.